• Rabu, 1 Desember 2021

Dubes RI Rela Jadi Barista di Coffee with the Ambassador Demi Ini?

- Rabu, 24 November 2021 | 10:12 WIB
Dubes Heri turun langsung menjadi barista dan menyuguhkan kopi asli Indonesia (Foto KBRI Tokyo)
Dubes Heri turun langsung menjadi barista dan menyuguhkan kopi asli Indonesia (Foto KBRI Tokyo)

Betawipos, Tokyo - Apa jadinya jika Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi sampai rela bersusah payah menjadi barista di acara Coffee with the Ambassador? Tentu tak lain karena ada goal yang besar untuk bangsa dan negara yang diwakilinya di negeri sakura tersebut.

Ya, Dubes Heri memang ingin mengenalkan keragaman kopi Indonesia untuk mendorong ekspor ke Jepang. Kesempatan tersebut diwujudkan dalam acara Coffee with the Ambassador yang digelar Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo bekerjasama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tokyo di KBRI Tokyo Senin 22 November 2021. 

Coffee with the Ambassador sendiri dihadiri sekitar 40 pebisnis dan pecinta kopi di Jepang. Sedangkan pelaku usaha UMKM kopi dari Koperasi Produsen Serba Usaha (KPSU) Solok Radjo hanya menghadirinya secara daring. 

Baca Juga: Kopi Spesial Indonesia Jadi Pilihan Favorit di World Specialty Coffee 2021 Tokyo

Dalam acara ini disajikan 5 kopi varietas unggulan Indonesia antara lain, Mandailing, Solok Rajo, Pangalengan, Kintamani dan Toraja. Para peserta juga berkesempatan menonton film “Telusur Rasa” dan tur virtual ke perkebunan KPSU Solok Radjo.

“Saya berharap melalui kegiatan promosi dan edukasi kopi varietas tunggal ini, citra kopi Indonesia yang berkualitas dan bercita rasa tinggi dapat menggenjot ekspor ke Jepang dan sekaligus menjadi favorit masyarakat Jepang,” ujar Dubes Heri seperti dikutip Betawipos.

Pada kesempatan itu Dubes Heri didampingi Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI Tokyo Rima Cempaka. Turut hadir Koordinator Fungsi Pensosbud, Atase Perdagangan dan sejumlah pejabat KBRI lainnya. Demikian halnya Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tokyo Hilman Tisnawan.

Baca Juga: Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung Gelar Workshop Business Motivation

“Saya berharap peningkatan efisiensi dalam penyelesaian transaksi ekspor impor kopi dan mengurangi ketergantungan pada nilai tukar mata uang asing melalui hadirnya skema Local Currency Settlement (LCS)" demikian papar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tokyo Hilman Tisnawan.

Halaman:

Editor: Sidik Purwoko

Sumber: Kemlu.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mafia Kepailitan ST dan CT Akan Dilaporkan Bareskrim

Jumat, 26 Februari 2021 | 15:23 WIB
X