• Jumat, 19 Agustus 2022

Indonesia Jadi Tuan Rumah G20, Pelaku UKM Akan Menyesal Jika Tak Kebagian Peluang Emas Ini

- Selasa, 7 Desember 2021 | 14:53 WIB
Webinar yang akan mengupas manfaat keketuaan Indonesia dalam G20 bagi UKM (Istimewa)
Webinar yang akan mengupas manfaat keketuaan Indonesia dalam G20 bagi UKM (Istimewa)

Betawipos, Jakarta - Indonesia menjadi Tuan Rumah G20.Tentunya Pelaku UKM akan menyesal jika tidak memanfaatkan kesempatan besar dari momen emas ini.

Pelaku UKM Indonesia patut berbahagia dengan kesempatan Indonesia menjadi Tuan Rumah G20 alias Group of Twenty atau Kelompok 20. Lantas, apa saja manfaatnya tuan rumah G20 bagi UKM Indonesia?

Berikut ini manfaat Indonesia menjadi Tuan Rumah G20 seperti dikutip Betawipos dari rilis yang disampaikan Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia Bersatu (KOPITU).

Baca Juga: Pemerintah Gelar Forum Bisnis Kelautan dan Perikanan di Jepang, Rupanya Ini Yang Bikin Mereka Tertarik

UKM Indonesia berkesempatan melakukan Ekspor ke Negara anggota G20. Anggota G20 sendiri terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil dan India. Begitu juga dengan anggota lainnya seperti Indonesia, Inggris, Italia, Jerman, Kanada, Meksiko, Korea Selatan, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa.

Menjadi anggota G20, tentunya UKM kita bisa melakukan ekspor ke sesama negara anggota lainnya. Karena kita akan mendapatkan prioritas dibandingkan negara-negara yang bukan anggota.

Manfaat lainnya adalah peluang Investasi untuk UKM. Dengan masuknya Indonesia sebagai anggota G20, tentunya peluang investasi negara anggota G20 lainnya ke Indonesia makin terbuka lebar.  Sisi investasi inilah yang sangat diharapkan bagi UKM-UKM tanah air.

Baca Juga: Presiden Jokowi Kunjungi Lokasi Erupsi Gunung Semeru Disambut Wakil Gubernur Emil Dardak
 
Manfaat lainnya, pelaku UKM Indonesia bisa memperoleh Informasi Kebutuhan Pasar serta komoditas Keperluan di Negara Anggota G20. Dengan menjadi anggota G20, Indonesia akan selalu mendapatkan informasi kebutuhan pasar internasional akan komodittas yang dibutuhkan. Dengan begitu, UKM bisa sigap menyambut kebutuhan tersebut.

Dalam upaya mendapatkan manfaat Indonesia atas Keketuaan G20 itulah, KOPITU siap hadir menjembatani para pelaku UKM untuk Go Global ekspor ke negara anggota G20 Melalui Marketplace KOPITU.

Halaman:

Editor: Sidik Purwoko

Sumber: Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Usaha pertanian di Indramayu dengan berbagai inovasi

Rabu, 16 Februari 2022 | 21:18 WIB

Pedagang es balok untuk ikan laut tergerus oleh waktu

Jumat, 11 Februari 2022 | 10:23 WIB
X