• Rabu, 1 Desember 2021

Mantan Mensos Idrus Marham Ajukan PK Agar Dibebaskan Dari Perkara Korupsi PLTU Riau-1

- Rabu, 24 November 2021 | 18:39 WIB
Idrus Marham Ajukan PK  (Supri Opa)
Idrus Marham Ajukan PK (Supri Opa)

Betawipos, Jakarta-Mantan Menteri Sosial Idrus Marham mengajukan Peninjauan Kembali terkait Perkara korupsi suap proyek PLTU Riau 1. Mantan Sekjen Partai Golkar tersebut telah bebas setelah menjalani pidana 2 tahun berdasarkan putusan Kasai Mahkamah Agung Awal Desember 2020 lalu.

Dalam pembacaan peninjauan kembali Idrus menilai kasasi yang tetap menghukumnya merupakan kekeliruan dan kekhilafan Hakim Mahkamah Agung.

Menurut Idrus seharusnya majelis Hakim Mahkamah Agung membuat putusan sama dengan bebasnya Sofyan Basir mantan Dirut PLN.

Baca Juga: Siswa Terbaik Indonesia Raih IOAA 2021

Idrus mengaku tidak mendapatkan apa2 terkait pengurusan proyek PLTU Riau 1 tahun 2017 oleh Eny Maulana Saragih dan Johanes Kotjo tersebut.

" peristiwa pidana penerimaan uang oleh Eni Saragih sebagai pejabat publik sama sekali tidak terkait dengan pemohon PK sebagaimana pertimbangan putusan perkara Sofyan Basir dan dinyatakan oleh Eni Saragih serta Johannes Budi Kotjo di dalam fakta persidangan dan diperkuat pernyataan yang dituangkan secara notaris oleh Eni Saragih., " Ujar Idrus Marham dalam Nota PKnya.di Pengadilan Tipikor, Rabu(24/11/2021).

Diberitakan Idrus Marham didakwa menerima suap Rp 2,25 miliar dari pengusaha Johanes Budisutrisno Kotjo. Duit itu disebut jaksa diterima Idrus untuk bersama-sama mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih membantu Kotjo mendapatkan proyek di PLN.

Baca Juga: Dua Staf Panin Bank Bongkar Gelagat Pegawai Ditjen Pajak Minta Jatah

majelis Hakim Pengadilan Tipikor menjatuhkan Vonis 3 tahun kepada Idrus Marham , lebih ringan dari tuntutan Jaksa KPK yang mengajukan hukuman 5 tahun pidana penjara.

Halaman:

Editor: Supri Opa

Sumber: Liputan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

AMPAD Dukung Jaksa Agung Hukum Mati Koruptor

Jumat, 26 November 2021 | 21:15 WIB

Kasus Cukai KPK Panggil Ajudan Bupati Bintan 

Jumat, 26 November 2021 | 11:15 WIB

KPK Periksa Lima Saksi Kasus Pajak 

Kamis, 25 November 2021 | 16:19 WIB
X