• Rabu, 26 Januari 2022

BPKP: Pemberian Komisi Agen Fiktif Sebabkan Kerugian Negara Negara 15 Miliar Rupiah

- Senin, 29 November 2021 | 19:55 WIB
Ahli BPKP Ungkap Kerugian Negara Jasindo Total Rp15miliar (Muhammad Shiddiq)
Ahli BPKP Ungkap Kerugian Negara Jasindo Total Rp15miliar (Muhammad Shiddiq)

Betawipos, Jakarta- Ahli Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Ika Suryaningsih menyebut pemberian komisi oleh PT Jasa Asuransi Indonesia (Jasindo) kepada agen yang tidak bekerja (agen fiktif) menyebabkan kerugian negara. Karena seharunya Jasindo tidak mengeluarkan komisinya ke agen yang tidak bekerja itu. Akibatnya negara mengalami kerugian sebesar Rp 15 miliar dari fee agen fiktif di Jasindo tersebut. 

"Komisi yang dikeluarkan, yang menjadi kerugian negara, karena seharunya Jasindo tidak mengeluarkan komisinya ke agen yang tidak bekerja tersebut," kata Ika Suryaningsi di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang diikuti oleh Betawipos, Senin (29/11/2021).

Menurut Ika, ketika melakukan audit investigasi PT Jasindo tahun 2017 lalu, dia mendapatkan adanya Kerugaian negara pada perusahaan pelat merah tersebut pada periode 2010-2012.

Baca Juga: Kadiv Keuangan Jasindo Akui Serahkan Uang Bagian ke Haikal 

Adapun kerugian negara, itu disebabkan karena seharusnya komisi tidak dikeluarkan Jasindo kepada agen yang tidak bekerja. Sedangkan imbalan jasa adalah dari premi yang telah dilunasi oleh SKK Migas.

Selanjutnya, dari premi tersebut Jasindo mengeluarkan komisi agen. Tapi dalam perkara ini agen tidak bekerja namun mendapat fee yang kemudian agen tersebut menyetor fee kembali untuk oknum pejabat di Jasindo.

Ika mengatakan, seperti total loss, audit tahun 2017, untuk kerugian Jasindo 2010-2012.

Baca Juga: Krakatau Steel Luncurkan Aplikasi KRASmart Marketplace Perkuat Penjualan

"Kami juga sudah mengklarifikasi kepada dua orang agen tersebut, bapak Soepomo dan Iman Tauhid Khan," tuturnya.

Halaman:

Editor: Supri Opa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polisi gagalkan peredaran 2 kg Ganja dan 1 kg sabu

Kamis, 6 Januari 2022 | 16:54 WIB
X