• Selasa, 29 November 2022

Perkara Pengaduan Palsu, Jaksa Hadirkan Ahli Pidana yang menyatakan, Korban Berhak Lapor Balik

- Kamis, 21 Juli 2022 | 23:37 WIB
Keterangan Ahli Pidana Via Online
Keterangan Ahli Pidana Via Online

 

Betawipos, Jakarta – Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, menggelar sidang lanjutan dalam perkara dugaan pencemaran nama baik dan pengaduan palsu dengan terdakwa Juanda, Kamis 21Juli 2022.

Jaksa Penuntut Umum pada kejaksaan negeri Jakarta Selatan, menghadirkan dua Ahli Pidana dari Universitas Hasanuddin Prof.Dr. Said Karim S.H., M.H., M.SI., C.L.A, dan Ahli Pidana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Dr. Alfitra.

Penjelasan Prof Said Karim menyebutkan bahwa setiap orang mempunyai hak untuk melaporkan balik terhadap pelapor yang menyebabkan dia dipidana dan terbukti justru menjadi korban.

Baca Juga: Diduga Gunakan Surat Keterangan Palsu, Direktur Utama PT BBJ Dilaporkan

“ Jika korban yang dilaporkan merasa dirugikan, merasa di fitnah, sehingga nama baik korban terhadap masyarakat menjadi tercemar, dan rekan bisnisnya menjadi ragu, maka si korban punya anak melaporkan balik,” ujarnya.

Menurutnya berdasarkan Pasal 317 KUHP menyebutkan bahwa ‘Barang siapa dengan sengaja melakukan pengaduan palsu atau pemberitahuan palsu baik secara tertulis maupun untuk dituliskan dengan seseorang sehingga kehormatan atau nama baik orang menjadi terserang’.

“Karena putusannya dia (korban) tidak bersalah, maka dia punya hak melaporkan balik. Dalam Pasal 317 KUHP yang disangkakan dan memang menjatuhkan orang yang dijadikan teradu maka delik ini telah terjadi dan sempurna,” katanya.

Said menerangkan, dalam ketentuan Pasal 317 ayat 1 merupakan sarana bagi mereka yang merasa dirugikan atau menjadi korban akibat dilaporkan oleh orang tersebut.

“Dengan adanya putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap, kemudian terdakwa dibebaskan dan terbukti tidak melakukan perbuatan yang dituduhkan, sehingga Pasal 317 ini terbukti,” ujar Said

Halaman:

Editor: Supri Opa

Sumber: Liputan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Anak-Anak Bos Sinar Mas Group Yang Dilaporkan Polisi

Selasa, 22 November 2022 | 15:05 WIB

Tetap Taat Prokes Demi Lindungi Kelompok Rentan

Kamis, 26 Mei 2022 | 15:14 WIB
X