• Selasa, 29 November 2022

Sidang Edy Mulyadi, Ahli hasa : Narasi Tempat Jin Buang Anak Melukai dan Pancing Emosi Entitas Masyarakat

- Rabu, 27 Juli 2022 | 18:25 WIB
Sidang Adi Mulyadi, Jaksa Hadirkan Guru Besar Linguistik Forensik Universitas Pendidikan Indonesia Professor Andika Dutha Bachari
Sidang Adi Mulyadi, Jaksa Hadirkan Guru Besar Linguistik Forensik Universitas Pendidikan Indonesia Professor Andika Dutha Bachari

Betawipos, Jakarta – Sidang lanjutan perkara dugaan penyebaran berita bohong yang berakibat keonaran dimata rakyat, dengan terdakwa Youtuber Edy Mulyadi, menghadirkan Keterangan Ahli Bahasa, Selasa, 27 Juli 2022.

Jaksa menghadirkan Ahli Linguistik Forensik Universitas Pendidikan Indonesia, Professor Dutha Bachari Spd M Hum, terkait Narasi yang disampaikan terdakwa Edy Mulyadi pada Chanel You tubenya.

Andika menilai pernyataan tempat Jin Buang Anak terkait pemindahan Ibukota Nusantara (IKN), telah melukai entitas masyarakat Kalimantan Timur.

Baca Juga: Ketua Umum Melanesian Youth Diplomacy Forum (MYDIF) Steve Mara: MoU FLNKS dengan ULMWP Tidak Diakui Hukum Inte

“Dengan (kalimat) jin buang anak ini tentu saja menimbulkan daya luka, jelas ada metafor disana perumpamaan,” ujar Andika di Pengadilan Negeri Jakarta pusat.

Dia mengatakan, pernyataan tersebut sengaja menggiring narasi agar masyarakat memahami bahwa pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, merupakan praktik elit oligarki.

Selain itu menarasikan rencana pembangunan Ibu Kota bernama Nusantara ke Kalimantan Timur tidak tepat, karena wilayah itu masih hutan belantara. Bahkan disebut sebagai tempat jin buang anak yang bermakna negatif.

“Entitas masyarakat akan terpancing emosinya apabila sudah dikaitkan tempat tinggalnya, tanah, kehormatan. Ini terkait dengan sejarah leluhurnya, bahwa dia adalah bangsa pemenang,” ujarnya.

Menurutnya arti tempat jin buang anak dapat dimaknai sebagai lokasi terpencil dari keramaian secara sosial.

Halaman:

Editor: Supri Opa

Sumber: Liputan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Anak-Anak Bos Sinar Mas Group Yang Dilaporkan Polisi

Selasa, 22 November 2022 | 15:05 WIB

Tetap Taat Prokes Demi Lindungi Kelompok Rentan

Kamis, 26 Mei 2022 | 15:14 WIB
X