• Jumat, 27 Mei 2022

Ambisi Besar UEA Di Bidang Antariksa

- Kamis, 30 Desember 2021 | 15:40 WIB
Wahana Hobe mengorbit di Mars wujud ambisi UEA menguasai teknologi antariksa (muhamad nurcholis)
Wahana Hobe mengorbit di Mars wujud ambisi UEA menguasai teknologi antariksa (muhamad nurcholis)

 

BetawiPos.com -- Pusat Luar Angkasa UEA berhasil mengirim wahana ke planet mars dan menjadi satu dari lima negara yang berhasil mengorbitkan wahana ke planet tersebut. UEA juga akan mengirim robot ke bulan dan aktif berperan dalam program pengiriman manusia ke Mars. 


Pencapaian UEA dalam bidang teknologi dan astronomi akan menjadi pelopor eksplorasi luar angkasa bagi dunia arab. Meski masih berusia muda namun para insinyur UEA sudah memiliki kemampuan dalam penguasaan transfer teknologi tinggi di bidang antariksa.


Di dunia memang tak banyak negara yang punya pengalaman mengembangkan teknologi luar angkasa, kecuali Amerika, Rusia, konsorsium Eropa, Cina, dan India.
Fakta bahwa tahun mendatang UEA akan mengirim wahana penelitian ke bulan menunjukkan "ambisi besar" negara di Timur Tengah tersebut untuk mencapai kemajuan di bidang sains.


salah satu pencapaian yang berhasil adalah pembangunan wahana antariksa Hope untuk meneliti Mars. Sebagaimana dilansir dari kanal YouTube Builder.com, Hope hanya dibuat dalam waktu enam tahun dengan bantuan para ahli dari Amerika.
Ketika nanti Hope berada di atmosfir Mars, diharapkan didapat data-data baru tentang atmosfir, iklim dan cuaca di planet ini.


Secara khusus, para saintis berharap dengan data ini mereka bisa mendapatkan jawaban atas misteri yang sejauh ini belum terpecahkan: mengapa air di permukaan Mars raib dan sekarang menjadi hamparan yang tandus.


Namun misi ke Mars bukan pekerjaan mudah. Setengah dari proyek ke Planet Merah ini berakhir dengan kegagalan, kenyataan yang disadari oleh Direktur proyek Hope, Omran Sharif. "Ini adalah misi riset dan tentu saja ada risiko kegagalan," kata Sharif.
"Meski begitu, kegagalan tak boleh mengganggu kemajuan. Yang penting adalah, kapasitas dan kemampuan yang didapat dari UEA dari misi ini; pengetahuan yang bisa diperolah dari program ini," jelasnya


Eksplorasi Venus
Dalam waktu dekat, Uni Emirat Arab (UEA) juga akan meluncurkan misi luar angkasa baru untuk menjelajahi planet Venus dan sabuk asteroid tata surya lain.
Penjelasan itu diungkapkan pihak pemerintah UEA dalam sebuah tweet Selasa, dikutip Al-arabiya, Selasa (5/10).


“Termasuk pendaratan pesawat di salah satu asteroid, menandai pertama kalinya misi luar angkasa Arab mendarat di asteroid,” kata penguasa Dubai, Mohammed bin Rashid dalam tweet.


Putra Mahkota ibukota Abu Dhabi, Mohammed bin Zayed dalam sebuah tweet menyebut peluncuran baru itu sebagai proyek ambisius dalam program luar angkasa UEA yang sedang berkembang.

Halaman:

Editor: Nurcholis

Terkini

Perwakilan Oportunis, Front Polisario Terpuruk

Rabu, 30 Maret 2022 | 15:31 WIB

Ambisi Besar UEA Di Bidang Antariksa

Kamis, 30 Desember 2021 | 15:40 WIB
X