• Kamis, 29 September 2022

Togo Resmi Buka Kantor Konsulat di Dakhla

- Jumat, 22 Juli 2022 | 19:11 WIB
Togo buka kantor konsulat resmi di Dakhla, Maroko. Foto: diplomatie.ma
Togo buka kantor konsulat resmi di Dakhla, Maroko. Foto: diplomatie.ma

Maroko, Betawipos.com  - Menteri Luar Negeri, Kerjasama Afrika dan Ekspatriat Maroko, Nasser Bourita, dan Menteri Luar Negeri Togo, Integrasi Regional dan Togo di Luar Negeri, Robert Dussey meresmikan Konsulat Jenderal Republik Togo di Dakhla, Maroko, Kamis (21/7/2022).

"Republik Togo selalu menjadi suara yang kredibel dalam masalah Sahara Maroko di tingkat badan-badan regional dan internasional," kata MFA Bourita, dikutip diplomatie.ma.

Dia juga menunjukkan bahwa Togo selalu mendukung Maroko terkait masalah Sahara dan pelestarian integritas teritorial kerajaan dan kesatuan nasionalnya.

Baca Juga: Waspada Peningkatan Drastis Kasus Covid-19

Bourita mencatat bahwa pembukaan konsulat ini mengkonsolidasikan konsistensi posisi ini, menggambarkannya sebagai tindakan keras terhadap Maroko, rakyat Maroko dan pasukannya.

Representasi diplomatik ini memperkuat hubungan historis dan ikatan yang kuat antara dua kepala negara, yang mulia Raja Maroko Mohammed VI dan yang mulia Faure Gnassingbé, Presiden Togo, terutama karena memberikan ekspresi nyata atas persahabatan mereka dan visi bersama mengenai hubungan bilateral dan masa depan benua Afrika dalam hal perdamaian, pembangunan dan stabilitas, berdasarkan penghormatan terhadap integritas teritorial negara.

Di luar simbolisme politik dan diplomatik yang sangat dihargai, konsulat ini akan menjadi mekanisme diplomatik untuk mempromosikan dan memantau kerja sama antara kedua negara dan akan semakin memperkuat hubungan bilateral, kata Bourita.

Baca Juga: Pemerintah Tingkatkan Percepatan Transformasi Digital

Togo adalah salah satu mitra perdagangan dan ekonomi pertama Kerajaan di Afrika Barat dan merupakan mitra politik penting dalam kerja sama keamanan, tambahnya.

Menurut Bourita, ada banyak peluang yang dapat diambil dalam hal kerjasama desentralisasi antara wilayah Dakhla-Oued Eddahab dan wilayah Togo. Ada juga pengalaman yang bisa dibagi antara kedua negara, khususnya di bidang perikanan, pariwisata, dan tata kota.

Halaman:

Editor: Popi Rahim

Tags

Terkini

Kenya Dukung Rencana Otonomi Sahara Maroko

Minggu, 18 September 2022 | 17:50 WIB

Kenya Putuskan Tolak SADR

Jumat, 16 September 2022 | 08:27 WIB

Republik Cabo Verde Buka Konsulat di Dakhla

Kamis, 1 September 2022 | 15:04 WIB

Jepang Tolak Partisipasi Polisario di TICAD   

Rabu, 31 Agustus 2022 | 11:27 WIB

Maroko Putuskan Tak Ikut KTT Ticad

Minggu, 28 Agustus 2022 | 14:11 WIB

Peru Dukung Otonomi Sahara Maroko, Tolak SADR

Jumat, 19 Agustus 2022 | 15:02 WIB

Terkait Pegasus NSO Segel 12 negara UE

Senin, 15 Agustus 2022 | 11:59 WIB

Togo Resmi Buka Kantor Konsulat di Dakhla

Jumat, 22 Juli 2022 | 19:11 WIB
X