• Kamis, 7 Juli 2022

Ini 5 Khasiat Wedang Uwuh Bagi Tubuh Kita, Khususnya Yang Terakhir

- Sabtu, 18 Desember 2021 | 18:46 WIB
Kenali khasiat Wedang Uwuh bagi tubuh kita (Fifie's Kitchen)
Kenali khasiat Wedang Uwuh bagi tubuh kita (Fifie's Kitchen)

Betawipos - Wedang Uwuh merupakan minuman tradisional yang banyak digemari masyarakat. Karena khasiat Wedang Uwuh selain bisa menyegarkan tubuh, juga bisa mengobati berbagai penyakit.

Khasiat Wedang Uwuh sendiri tak lepas dari komposisi rempah-rempah asli Indonesia. Konon, pada jaman dahulu kekayaan alam yang satu ini memang menjadi incaran bangsa-bangsa di Eropa hingga banyak yang berusaha menjajah negeri kita.

Lantas apa saja Khasiat Wedang Uwuh bagi kesehatan? Berikut manfaat minuman herbal ini berdasarkan penelusuran Betawipos. Selain ketika diminum dalam kondisi hangat bisa mengurangi sakit di tenggorokan,  rupanya bisa juga untuk meredakan batuk.

Baca Juga: Ini Lho Cerita 絵馬 Ema, Jimat di Negeri Jepang Yang Jarang Diketahui Publik (4)

1. Menstabilkan Hemoglobin alias Sel Darah Merah
Seseorang yang mengalami kondisi penurunan Hemoglobin alias sel darah merah, pasti akan merasakan beberapa keluhan. Ia akan merasakan gejala-gejala anemia seperti lemas, cepat lelah, pusing, suka mengantuk dan keluhan-keluhan lainnya. Karena itulah, orang yang mengalami gejala tersebut disarankan sering-sering mengkonsumsi Wedang Uwuh. Karena rempah-rempah yang terkandung di dalamnya bisa menstabilkan kadar Hemoglobin dalam tubuh.

2. Antioksidan, anti inflamasi, anti mikroba dan anti alergi
Khasiat Wedang Uwuh bisa mencegah hal-hal di atas. Karena hasil studi baik in-vitro dan in-vivo menunjukkan ekstrak Jahe pada kandungan Wedang Uwuh memiliki aktivitas biologis sebagai antiinflamasi, antioksidan, antimikroba, antikanker, imunomodulator dan antivirus.

3. Mengatasi masalah pencernaan
Selain jahe, rempah-rempah yang bisa mengatasi gangguan pencernaan adalah kunyit. Rempah-rempah di dalam Wedang Uwuh inilah yang akan melindungi organ bagian dalam dari serangan virus atau bakteri lainnya.

Baca Juga: Ternyata pencuri barang milik pengunjung Masjid, seorang Residivis dan mantan relawan ambulance Rumah sakit

4. Kesehatan tulang
Dikutip dari Hello Sehat, Jahe adalah rempah bumbu masak yang bisa Anda jadikan sebagai salah satu obat tradisional herbal atau untuk nyeri sendi akibat radang yang terjadi. Bahan alami ini telah terbukti memiliki sifat antiinflamasi yang mirip dengan obat reumatik atau rheumatoid arthritis, yaitu ibuprofen dan COX-2 inhibitor (celecoxib).

Halaman:

Editor: Sidik Purwoko

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X