• Kamis, 7 Juli 2022

Ini Sejarah dan Resep Bandeng Pesmol Betawi Yang Orang Jarang Tahu

- Minggu, 19 Desember 2021 | 20:54 WIB
Ilustrasi (Facebook)
Ilustrasi (Facebook)

Betawipos, Jakarta - Mendengar nama Bandeng Pesmol Betawi, pikiran kita langsung tertuju pada menu kuliner berbahan utama bandeng. Menu masakan satu ini banyak dikenal di kalangan masyarakat Betawi.

Sekilas, Bandeng Pesmol Betawi mirip dengan masakan Acar Kuning yang menjadi ciri khas Jawa Timur. Di Tanah Sunda sendiri, juga ada menu masakan Bandeng Pesmol.

Meski mirip, namun ada yang membedakan Bandeng Pesmol Betawi dengan Sunda. Demikian juga perbedaannya dengan Acar Kuning.

Baca Juga: Mobil Terbang BMW Siap Dipasarkan, Simak Kenyamanan Berkendara Tanpa Kena Macet Begini

Ciri khas Bandeng Pesmol Betawi menguatkan nuansa gurih dari kemiri yang cukup banyak dipergunakan dalam bumbunya. Aroma kencur dan ketumbar juga jadi penanda khas kuliner Betawi ini.

Sayuran penghiasnya juga hanya irisan tomat, berbeda dengan acar kuning  yang rasanya asam manis karena memakai sedikit cuka, dan dihias dengan berbagai sayuran seperti timun dan wortel.

Tak banyak yang tahu sejarah Bandeng Pesmol Betawi. Hanya saja, makanan tersebut dulunya selalu dihidangkan pada hari libur 1 Muharram.

Baca Juga: Habib Bahar bin Smith Diburu Prajurit TNI AD Gara-gara Ucapannya Ini

Konon, Bandeng Pesmol Betawi jaman dahulu merupakan makanan paling bergengsi bagi warga Betawi. Tak heran jika bandeng selalu menjadi lambang kemewahan untuk kiriman Lebaran, antaran pada calon besan, dan sajian perayaan lainnya.

Halaman:

Editor: Sidik Purwoko

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X