Tokoh Adat Papua Dukung Peresmian Gedung PYCH

- Jumat, 17 Maret 2023 | 08:48 WIB

 

 

Para tokoh masyarakat adat di Papua mendukung penuh peresmian gedung PYCH yang akan segera dilakukan oleh Presiden Jokowi pada akhir Maret 2023 nanti. Gedung tersebut dinilai sudah sangat representatif dan akan menjadi sangat berguna untuk wadah pengembangan SDM muda Papua.

Peresmian Gedung Papua Youth Creative Hub (PCYH) dalam waktu dekat akan segera dilaksanakan oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo.Dengan adanya peresmian tersebut, kemudian disambut dengan penuh rasa antusiasme oleh para anak muda di Bumi Cenderawasih.

Bahkan mereka menyiapkan sejumlah penampilan untuk bisa memeriahkan acara peresmian gedung PYCH tersebut, yakni salah satunya datang dari sejumlah anak muda Papua yang tergabung dalam paduan suara yang akan memeriahkan pembukaan dan peresmian gedung itu. Diketahui bahwa gedung tersebut yang berada di Kecamatan Abepura, Japayura, Papua akan diresmikan pada akhir Maret 2023 mendatang.

Terkait hal tersebut, Koordinator Paduan Suara Papua Youth Creative Hub, Paulina Ruwayarimenyatakan bahwa kelompoknya berasal dari sejumlah anak muda gereja dan mahasiswa. Mereka merupakan pemuda dan pemudi asli Papua. dirinya kemudian bertekad bahwa timnya bisa memberikan penampilan terbaik untuk Presiden Jokowi tatkala beliau datang ke Tanah Papua.

Sebelumnya, memang Papua Youth Creative Hub (PYCH) sendiri diharapkan oleh banyak pihak mampu berkontribusi secara lebih luas dalam menurunkan angka pengangguran dan juga kemiskinan di Papua, dengan adanya banyak pelatihan dan pembinaan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Bumi Cenderawasih.

Presiden Jokowi sendiri berharap agar nantinya gedung tersebut bisa menjadi motor penggerak dan juga menjadi pusat pengembangan SDM talenta muda di Papua. dirinya sangat meyakini bahwa masih banyak sekali potensi yang belum tergali dan juga belum dikembangkan di Papua, justru itu menjadi tugas dari Pemerintah dan banyak pihak lain.

Menurutnya, memang banyak sekali bibit unggul dan juga banyak talenta yang sangat baik di berbagai bidang seperti sains, seni budaya, hingga pada bidang olahraga dan tugas dari Pemerintah RI adalah mampu menyiapkan manajemen akan bibit tersebut dengan baik, termasuk manajemen talenta yang tertata.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi meyakini anak muda Papua banyak menyimpan potensi untuk berkembang. Menurutnya, banyak bibit unggul maupun talenta Papua yang sangat baik di berbagai bidang. Papua Youth Creative Hub nantinya akan mewadahi berbagai talenta seperti petani-petani milenial, ekosistem digital, hingga pengembangan riset dan inovasi. Presiden meyakini, masa depan Papua dan masa depan Indonesia ada di Papua Youth Creative Hub.

Antusiasme juga sangat terlihat menjelang peresmian gedung PYCH yang sebentar lagi akan dilakukan. Bukan hanya datang dari para anak muda sendiri, namun antusiasme tersebut juga datang dari para tokoh masyarakat adat di Papua. Mereka menyatakan bahwa memang keberadaan gedung tersebut mampu menjadi peradaban baru bagi anak muda Papua, yang mana menjadikan Tanah Papua akan menjadi lebih maju dan sejahtera.

Dengan adanya pembangunan dan akan segera diresmikannya gedung PYCH, Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Port Numbay, Ondoafi George A. Awi menyampaikan terima kasihnya kepada Presiden Jokowi lantaran seluruh upaya Pemerintah untuk terus memajukan masyarakat Papua. Khususnya dengan adanya gedung PYCH yang memang menjadi pusat pengembangan diri dari generasi muda.

Menurutnya, mewakili nama masyarakat Papua, seluruh fasilitas dari gedung PYCH memang begitu megah dan bagus. Gedung itu mampu mewadahi seluruh anak muda Papua untuk bisa mengekspresikan kreasi hingga bakat yang mereka miliki. Bukan hanya itu, tapi tokoh adat Papua tersebut mengaku bahwa Gedung PYCH juga di dalamnya sudah sangat representatif lantaran terdapat 7 (tujuh) wilayah adat di Papua, sehingga dirinya mengaku sangat bangga.

George A. Awi mengajak semua anak muda Papua untuk memanfaatkan gedung PYCH karena memiliki fasilitas yang menunjang untuk pengembangan diri. Serta mengajak masyarakat mendukung semua program kerja yang dicanangkan oleh Papua Muda Inspiratif (PMI). George A. Awi juga menyampaikan terima kasih kepada Kepala BIN Budi Gunawan karena telah membina anak-anak Muda Papua. PMI merupakan organisasi yang dibina Badan Intelijen Negara (BIN) untuk menjadi motor kemajuan Papua.

Dirinya mengimbau seluruh masyarakat untuk bisa mendukung semua program yang dicanangkan oleh Pemerintah dan BIN mengenai Gedung PYCH. Bahkan menurutnya, anak-anak muda Papua harus diajak ke gedung itu agar bisa mendapatkan binaan dan latihan untuk membentuk mental mereka menjadi bagus.

Halaman:

Editor: Pandu Wibowo

Terkini

Gugatan PN Jakpus Tak Pengaruhi TahapanPemilu 2024

Kamis, 23 Maret 2023 | 14:04 WIB

Aksi KST Memicu Keresahan Rakyat Papua

Kamis, 23 Maret 2023 | 13:57 WIB
X