• Jumat, 19 Agustus 2022

Berkostum Jaranan Buto Vaksinasi Dosis 2 Masyarakat adat Osing Buktikan Vaksin Aman

- Jumat, 12 November 2021 | 16:02 WIB
Vaksinasi Dosis 2 Masyarakat adat Osing Alasmalang dan Macan Putih di Banyuwangi, Jawa Barat dalam minggu ini berjalan lancar. Dok. Filantropi Indonesia
Vaksinasi Dosis 2 Masyarakat adat Osing Alasmalang dan Macan Putih di Banyuwangi, Jawa Barat dalam minggu ini berjalan lancar. Dok. Filantropi Indonesia

Betawipos, Banyuwangi – Vaksinasi Dosis 2 Masyarakat adat Osing Alasmalang dan Macan Putih di Banyuwangi, Jawa Barat dalam minggu ini berjalan lancar. Warga berbondong-bondong menuju ke lokasi vaksinasi yang terdekat dengan komunitas.

Masyarakat adat Osing Alasmalang dan Macan Putih yang divaksin merasa terhibur oleh pegiat Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) PD Osing yang mengenakan kostum Jaranan Buto.

Antusias warga Osing Alasmalang dan Macan Putih yang hadir juga membuktikan bahwa berita hoax tentang vaksin merupakan hal yang tidak benar.

Baca Juga: GUMUN Peduli Banjir Bandang Batu, Malang

"Alhamdulillah, masyarakat adat Osing yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) PD Osing sebagian besar telah memahami pentingnya vaksinasi dan tidak lagi termakan berita hoax. Mereka membuktikan bahwa vaksinasi itu penting dan aman bagi kesehatan,"kata Ketua AMAN PD Osing, Agus Hermawan dalam siaran pers, Jumat (12/11/2021).

Sementara itu, Sekretaris AMAN PD Osing, Wiwin Indiarti, mengaku sangat bersyukur atas terselenggaranya giat vaksinasi lintas sektoral dalam rangka mencapai tujuan strategis AMAN di masa pandemi yaitu memastikan masyarakat adat yang merupakan bagian dari warga Negara mendapatkan akses yang setara terhadap vaksinasi. Selama ini AMAN gencar mensosialisasikan pentingnya vaksinasi, turut serta mengantisipasi hoax dengan pembuatan video wawancara dengan dokter yang kompeten, mendistribusikan logistik alat-alat prokes untuk menanggulangi Covid-19, dan memfasilitasi terjaminnya akses bagi masyarakat adat.

“AMAN melakukan segala upaya untuk memastikan tuntasnya vaksinasi masyarakat adat Nusantara karena mereka adalah salah satu pilar utama penjaga ketahanan pangan di masa normal apalagi saat pandemi berkepanjangan seperti sekarang ini,” jelas Wiwin.

Sementara kita tahu, lanjut Wiwin, dimana-mana masyarakat adat seringkali tidak mendapatkan akses yang setara dengan kelompok masyarakat lainnya terhadap vaksinasi karena sistem yang tidak berpihak kepada mereka.

Baca Juga: Tahu Nggak Kalau Hari Ini Hari Ayah? So, Apa Kamu Sudsh Menjadi Ayah Yang Baik Untuk Diperingati?

“Ketahanan pangan terwujud berkat mereka yang bertanam mengolah tanah. Hubungan lekat masyarakat adat dengan ibu bumi sebagai ruang hidup dan ruang budaya membuat mereka menjadi penjaga ketahanan pangan,” pungkasnya.

Halaman:

Editor: Popi Rahim

Tags

Terkini

RKUHP Sejalan dengan UU ITE

Kamis, 18 Agustus 2022 | 18:15 WIB

Sosialisasi Mutlak Diperlukan Sebelum RKUHP Disahkan

Kamis, 18 Agustus 2022 | 10:00 WIB

Melindungi Dunia Pendidikan Dari Paham Radikal

Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:21 WIB

Tindak Tegas KST Pengganggu Kedamaian Papua

Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:21 WIB

RKUHP Menyelamatkan Moral Masyarakat

Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:21 WIB

Mengapresiasi Penanganan Covid-19

Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:21 WIB

Indonesia Sukses Tarik Investasi Ratusan Triliun

Selasa, 16 Agustus 2022 | 18:17 WIB

RKUHP Lindungi Masyarakat Adat

Selasa, 16 Agustus 2022 | 18:17 WIB

Waspada Keganasan Corona Subvarian Centaurus

Senin, 15 Agustus 2022 | 21:25 WIB
X