• Selasa, 29 November 2022

Kominfo Akui TurnBackHoaks Salah Soal Larangan Konsumsi Susu Kental Manis

- Rabu, 17 November 2021 | 18:53 WIB
Caption Pembicara 	        : 1.	Arif Hidayat, SE., MM, Ketua Harian YAICI 2.	Ignatius Haryanto – Peneliti Media 3. Maman Suherman Moderator (Sidik Purwoko)
Caption Pembicara : 1. Arif Hidayat, SE., MM, Ketua Harian YAICI 2. Ignatius Haryanto – Peneliti Media 3. Maman Suherman Moderator (Sidik Purwoko)

Betawipos, Jakarta - Pemerintah mencatat, sebanyak 800 ribu situs di Indonesia terindikasi menjadi penyebar informasi palsu atau hoaks sejak setahun silam. Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga telah berupaya memeranginya, dengan menyediakan TurnBackHoaks sebagai aplikasi atau program-program untuk mengecek kebenaran sebuah informasi. 

Sebagai contoh,  pemberitaan tentang Larangan Konsumsi Susu Kental Manis dengan Cara Diseduh Adalah Hoaks, September lalu. Informasi ini bahkan dimuat pada akun resmi TurnBackHoaks, yang selama ini dianggap kredibel dalam menyaring informasi. 

Namun Ketua Harian Yayasan Abhipraya Insan Cendekia Indonesia (YAICI) Arif Hidayat meminta pencabutan  konten yang menyesatkan tersebut kepada TurnBackHoax. Alasannya, fakta bahwa susu kental manis tidak boleh dikonsumsi sebagai minuman susu telah diatur melalui PerBPOM No 31 tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan.  

Baca Juga: Bersihkan Jokowi dari Hoaks, Luhut Minta Doa Ulama di Bogor Raya

"Oleh karena itu kami meminta segenap pihak untuk lebih hati-hati dalam menyebarkan informasi, jangan sampai informasi yang benar dikatakan hoax. Apalagi seputar informasi kesehatan dan malah berakibat buruk bagi kesehatan," jelas Arif Hidayat.

Hal senada disampaikan Peneliti Media Ignatius Haryanto. Menurutnya, publik perlu mengetahui jenis-jenis kesalahan informasi yang selama ini digeneralisis sebagai hoax. Ada yang namanya misinformasi, yaitu informasi yang salah tapi tidak disertai dengan niatan buruk. Ada juga yang namanya malinformasi, yakni informasi yang disampaikan salah dengan disertai niat buruk.

Terkait konten [HOAX] Larangan SKM di seduh yang dimuat olehTurnbackhoax pada 19 September 2021, Ignatius menyebutkan pengkategorian tersebut tidak tepat.

Baca Juga: KPK Ajukan Upaya Hukum Kasasi Kasus Bansos Covid 19 Bandung

"Saya rasa ini sedikit terpeleset, karena informasi yang dikatakan HOAX tersebut justru memuat fakta yang sebagaimana adanya. Bahwa susu kental manis tidak untuk minuman susu anak dan juga tidak boleh dikonsumsi sebagai minuman susu, pun sudah dibenarkan, dalam hal ini tertuang di dalam peraturan BPOM," jelas Ignatius.

Halaman:

Editor: Sidik Purwoko

Sumber: Reportase

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peresmian AMN Menjadi Era Baru Kebhinekaan

Selasa, 29 November 2022 | 19:36 WIB

AMN Potensial Mencetak Kader Pemimpin Bangsa

Selasa, 29 November 2022 | 19:20 WIB

Kepala BIN : Pembangunan AMN “Proyek” Bersama Bangsa

Selasa, 29 November 2022 | 17:20 WIB

BIN Bagikan Kasur untuk Penyintas Gempa Cianjur

Selasa, 29 November 2022 | 16:47 WIB

Sejumlah Pengamat dan Akademisi Dukung Pengesahan RKUHP

Selasa, 29 November 2022 | 12:45 WIB

Pembangunan IKN Berdampak Positif Pada Lingkungan

Selasa, 29 November 2022 | 12:19 WIB

BIN Bantu Penyintas Gempa Cianjur Lewati Masa Sulit

Selasa, 29 November 2022 | 11:36 WIB

AMN Wadah Pembentukan Karakter dan Kepemimpinan

Minggu, 27 November 2022 | 21:19 WIB
X