• Rabu, 26 Januari 2022

Kabid Perdagangan Perindustrian dan ESDM HIPMI: Peran Pertamina - PLN Tentukan Transisi Energi

- Jumat, 26 November 2021 | 14:42 WIB
Kabid Perdagangan hipmi (Supri Opa)
Kabid Perdagangan hipmi (Supri Opa)

Betawipos, Jakarta- Ketua Bidang Perdagangan, Perindustrian dan ESDM, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Rama Datau menilai bahwa peran Pertamina dan PLN sangat menentukan dalam proses transisi energi ini. Sehingga Pertamina dan PLN bisa merealisasikan investasi dengan baik. 

Hal itu ia sampaikan menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengatakan bahwa Indonesia memiliki 4.400 sungai yang besar maupun sedang yang dapat digunakan sebagai hydro power.

Sehingga dalam mendorong transisi energi dari energi fosil ke energi baru terbarukan (EBT) dibutuhkan ongkos yang mahal. Pasalnya, listrik yang diproduksi dari energi fosil masih lebih murah dari pada EBT.

Baca Juga: HIPMI Sukses Gelar DTF dan STC 2021 Bersama BKPM

Atas hal itu, Presiden meminta kepada semua jajarannya agar bersama-sama membuat skenario transisi energi ini. Jika bisa berjalan lebih cepat akan lebih baik, namun menurutnya hitung-hitungan di lapangan harus dikalkulasi dengan detail.

"Saya rasa peran Pertamina dan PLN lah yang sangat menentukan dalam proses transisi energi ini. Dan harapannya Pertamina dan PLN bisa merealisasikan investasi ini dengan baik," kata Rama Datau melalui surat elektronik yang diterima oleh Betawipos, Jum'at (26/11/2021).

Menurut Rama, perlu adanya terobosan dalam Pertamina dan PLN dalam mendorong realisasi EBT ini, dari program kerja hingga mereview atas kinerja sampai saat ini.

Baca Juga: Buronan Korupsi Jaringan Listrik Raja Ampat Tertangkap Tim Tabur Di Kuningan Jakarta

"Kemarin Pertamina dan PLN mendapat teguran yang cukup keras dari Presiden Jokowi. Jadi untuk meningkatkan kualitas kinerja Pertamina dan PLN perlu ada terobosan dalam pembaharuan struktur komisaris hingga direksi. Hal ini bisa menjadi langkah yang baik dalam meningkatkan kinerja para BUMN," ujarnya.

Halaman:

Editor: Supri Opa

Sumber: Liputan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Membangun Indonesia Dari Papua

Minggu, 23 Januari 2022 | 22:45 WIB

Perludem Sebut PPP  Peduli  Anak Muda

Sabtu, 22 Januari 2022 | 20:30 WIB

Timnas Tak Boyong Piala AFF 2020, Ini Kata Puan!

Minggu, 2 Januari 2022 | 14:28 WIB

Akhir tahun walikota Malang sidak 2 proyek besar

Kamis, 30 Desember 2021 | 03:12 WIB

Bamsoet Desak Kemenkeu Hapus Pajak Tinggi Alkes

Rabu, 29 Desember 2021 | 20:28 WIB

Harga Bapok Melambung, Puan: Operasi Pasar!

Rabu, 29 Desember 2021 | 14:56 WIB
X