• Jumat, 27 Mei 2022

Belajar dari pengalaman dampak covid 19, IINTLA didirikan

- Senin, 24 Januari 2022 | 23:23 WIB
para tour leader yang bergabung pada Indonesian Inbound Tour Leaders Association (IINTLA) (Setiawan Liu)
para tour leader yang bergabung pada Indonesian Inbound Tour Leaders Association (IINTLA) (Setiawan Liu)

Betawipos, Jakarta - Karena situasi covid 19 sejak Maret 2020, dan tidak ada bantuan dari pemerintah, beberapa professional pemandu wisata atau tour leader mendirikan organisasi dengan nama Indonesian Inbound Tour Leaders Association ( IINTLA).

Sejak covid, kalaupun ada bantuan dari pemerintah, organisasi yang bisa mengakomodir (penyaluran bantuan sosial) juga nihil.

“Belajar dari berbagai kegagalan dan kesalahan, terbentuk organisasi ini, Indonesian Inbound Tour Leaders Association (IINTLA),” ketua IINTLA Vahed mengatakan kepada Redaksi.

Baca Juga: Gotong Royong Kunci Mengatasi Pandemi Covid-19

Ke depannya, asosiasi ini diharapkan bisa mengatasi kondisi pandemic yang sempat memukul industry inbound tour. Langkah IINTLA, salah satunya melakukan perubahan, terutama sistem kerja. Konsep organisasi, selama ini yang tidak pernah dilakukan (asosiasi sejenis), IINTLA akan melakukannya. IINTLA, nantinya mempersatukan pekerjaan, penyedia pekerjaan, dan berlaku sebagai penyedia sertifikasi.

“Dulu kan ada lisensi (untuk berprofesi sebagai tour leader). Dinas Pariwisata Pemprov DKI tidak menerbitkan lagi (lisensi) sejak Mei 2020. Lisensi dihapuskan, dan diganti dengan sistem sertifikasi,” kata Vahed.

Proses sertifikasi harus sesuai jadual LSP (Lembaga sertifikasi profesi). LSP yang menjadualkan peserta untuk pengujian. LSP yang menentukan sistem sertifikasi, serta assesor. Sebelumnya, para assesor Sebagian besar bukan dari pelaku tour leader Overlander Inbound.

Baca Juga: Cakupan Vaksinasi Covid-19 Indonesia Peringkat 4 Dunia

Sehingga, sistem yang lama, assesornya tidak menguasai keilmuan praktik dengan baik sebagai penguji. Orang-orang yang melalukan assessment, seharusnya profesional yang menciptakan profesional tour guide.

Halaman:

Editor: Supri Opa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DOB Memacu Percepatan Pembangunan Papua

Kamis, 26 Mei 2022 | 15:25 WIB

Mendukung Penangkapan Kelompok Teroris

Rabu, 25 Mei 2022 | 08:32 WIB

Tetap Taat Prokes Meskipun Kasus Menurun

Senin, 16 Mei 2022 | 07:10 WIB

Banyak Negara Dukung Presidensi G20 Indonesia

Senin, 16 Mei 2022 | 07:02 WIB

Mengapresiasi Pembentukan Tim Transisi IKN

Minggu, 15 Mei 2022 | 06:58 WIB
X