• Jumat, 19 Agustus 2022

Kaum Muda Berperan Penting Sukseskan KTT G20

- Selasa, 5 Juli 2022 | 15:49 WIB

Betawipos, Jakarta-- Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 adalah ajang internasional dan Indonesia mendapat kehormatan besar karena menjadi tuan rumahnya. Acara ini perlu mendapat dukungan dari semua pihak, termasuk kalangan generasi muda yang memiliki peran penting untuk ikut menyemarakkan dan menyukseskan acara tersebut.

Forum G20 adalah acara penuh prestise karena baru pertama kali diselenggarakan di Indonesia. Dalam KTT G20 tahun 2022 ini, temanya adalah Recover Together, Recover Stronger. Semua anggota G20 bekerja sama untuk membantu pemulihan akibat pandemi. Oleh sebab itu KTT G20 wajib disukseskan, agar misinya berhasil dan mengatasi krisis global secara bersama-sama.

Untuk menyukseskan KTT G20 maka diperlukan kerja sama dari berbagai pihak, salah satunya adalah kaum muda. Para pemuda memiliki peran penting karena mereka memiliki kreativitas tinggi, sehingga bisa memviralkan acara ini ke seluruh dunia.  Jika KTT G20 sukses maka akan berpengaruh ke nama baik Indonesia di dunia internasional.

Staf Khusus Program Prioritas Kementerian Luar Negeri dan Co-Sherpa G20 Indonesia, Dian Triansyah Djani, menyatakan bahwa peran pemuda amat penting sebagai katalis untuk langkah yang diambil oleh para pemimpin dunia. The power of youth bisa meningkatkan kesadaran dan menginisiasi kolaborasi.

Djani menambahkan, masyarakat khususnya terutama generasi muda diharap mendukung KTT G20. Caranya dengan mendukung berbagai event showcasing Indonesia dan menyebarkan berita positif via media sosial. Dalam artian, ketika ada event seperti itu maka hendaknya para remaja menghadirinya untuk memberikan support. Dengan cara ini maka mereka mencintai budaya sendiri dan dipuji oleh delegasi G20.

Para pemuda diharap untuk memviralkan KTT G20 di media sosial agar acara ini lebih sukses. Jika pemberitaan-pemberitaan mengenai forum ini terus menggaung di internet, maka akan mempromosikan pentingnya KTT G20. Acara ini amat vital karena menyangkut kepentingan banyak negara dan meningkatkan kolaborasi, sehingga bisa mengatasi dampak pandemi secara global.

Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar mengajak kaum muda Indonesia untuk terlibat dan menyukseskan KTT G20. Menurutnya, ada 3 cara yang bisa dilakukan oleh para pemuda. Pertama adalah memberi masukan baik ide, kritik, dan solusi. Kedua dengan menjaga identitas Indonesia sebagai penyelenggara KTT G20. Ketiga dengan realisasi aksi pasca KTT G20 selesai.

Ide, kritik, dan solusi untuk KTT G20 bisa disampaikan melalui Indonesia Youth Diplomacy, sebagai forum resmi dari Y20. Sedangkan Y20 adalah forum global khusus anak-anak muda dari peserta G20 yang membahas solusi serta masa depan dunia. Ketika para pemuda dari banyak negara sharing dan berkolaborasi maka akan menjadi kekuatan untuk mengubah masa depan menjadi lebih baik.

Mengapa harus para pemuda yang berkumpul di Y20? Penyebabnya karena mereka memiliki energi dan kreativitas yang meluap-luap. Jika berkolaborasi akan sangat bagus dan program-programnya bisa disampaikan ke forum G20. Lantas akan dipraktikkan dan mengatasi berbagai permasalahan di dunia, misalnya mengatasi dampak pandemi di bidang ekonomi, putus sekolah, dan lain sebagainya.

Halaman:

Editor: Pandu Wibowo

Sumber: Reportase

Tags

Artikel Terkait

Terkini

RKUHP Sejalan dengan UU ITE

Kamis, 18 Agustus 2022 | 18:15 WIB

Sosialisasi Mutlak Diperlukan Sebelum RKUHP Disahkan

Kamis, 18 Agustus 2022 | 10:00 WIB

Melindungi Dunia Pendidikan Dari Paham Radikal

Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:21 WIB

Tindak Tegas KST Pengganggu Kedamaian Papua

Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:21 WIB

RKUHP Menyelamatkan Moral Masyarakat

Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:21 WIB

Mengapresiasi Penanganan Covid-19

Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:21 WIB

Indonesia Sukses Tarik Investasi Ratusan Triliun

Selasa, 16 Agustus 2022 | 18:17 WIB

RKUHP Lindungi Masyarakat Adat

Selasa, 16 Agustus 2022 | 18:17 WIB

Waspada Keganasan Corona Subvarian Centaurus

Senin, 15 Agustus 2022 | 21:25 WIB
X