• Jumat, 19 Agustus 2022

Terapkan Prokes Ketat, Cegah Kenaikan Kasus Covid-19 saat PTM

- Senin, 1 Agustus 2022 | 19:45 WIB

Betawipos, Jakarta-- Seperti yang kita ketahui, Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 mengimbau kepada seluruh sekolah yang telah menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen untuk wajib menetatkan protokol kesehatan mengingat saat ini kasus Covid-19 kembali melonjak serta ditemukan siswa di beberapa sekolah yang tertular Covid-19.

Pihak sekolah diharapkan untuk mengingatkan siswanya agar berupaya melindungi diri dalam setiap kesempatan. Seperti mengimbau kepada para siswa agar rajin mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak aman. Perilaku hidup bersih dan sehat seperti ini harus terus diingatkan kepada para siswa agar terhindar dari paparan Covid-19.

Kemudian, pihak sekolah maupun orangtua siswa sebaiknya menyegerakan agar seluruh anak didiknya mendapatkan vaksin Covid-19 di sentra vaksinasi terdekat. Upaya tersebut dilakukan agar siswa dapat menjalankan aktivitas PTM 100 persen dengan aman, nyaman, dan terlindungi dari Covid-19. Protokol kesehatan dapat diterapkan mulai dari rumah, sebelum berangkat, saat di perjalanan menuju sekolah maupun saat berada dilingkungan sekolah.

Selain itu, Dinas Pendidikan di Jawa Barat diminta untuk turut memantau protokol kesehatan di sekolah-sekolahnya dikarenakan seusai jam sekolah anak-anak kerap berkerumun tanpa menggunakan masker.

Asep Gufron selaku Ketua Satuan Tugas Harian Covid-19 Kota Bandung berharap jangan sampai kasus Covid-19 di Bandung mengalami peningkatan. Asep memaparkan bahwa selama tujuh hari sejak 20-26 Juli 2022, penambahan konfirmasi aktif Covid-19 di Kota Bandung menyentuh angka 144 kasus dengan kasus sembuh sebanyak 431 kasus.

Jika dibandingkan dengan kota atu kabupaten lain di Jawa Barat, Kota Bandung telah masuk ke dalam tiga besar wilayah kasus aktif tertinggi, sehingga penting untuk mengakselerasi vaksin booster di Kota Bandung.

Penulis mengingatkan bahwa dilihat dari jumlah kasus yang meningkat di Kota Bandung, penting untuk menerapkan dan saling mengawasi kedisiplinan terhadap protokol kesehatan yang baik dan benar. Seperti memakai masker dengan benar serta tidak melepasnya saat berbicara, menggunakan sanitasi setiap atau setelah bersentuhan dengan orang lain, dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Disamping itu, pemerintah pusat hingga tingkat daerahjuga harus memastikan setiap orang telah menerima vaksin dosis ketiga atau vaksin booster.

Dengan belajar dari pengalaman di lonjakan sebelumnya, memakai masker dengan benar di setiap kegiatan masyarakat, serta melakukan vaksinasi booster dapat membantu menekan kemungkinan terjadinya lonjakan kasus ke depannya.

Selanjutnya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) juga memberikan catatan penting kepada sekolah yang melaksanakan PTM 100 persen agar warga sekolah, baik guru maupun murid tetap taat protokol kesehatan.

Halaman:

Editor: Pandu Wibowo

Sumber: Reportase

Tags

Artikel Terkait

Terkini

RKUHP Sejalan dengan UU ITE

Kamis, 18 Agustus 2022 | 18:15 WIB

Sosialisasi Mutlak Diperlukan Sebelum RKUHP Disahkan

Kamis, 18 Agustus 2022 | 10:00 WIB

Melindungi Dunia Pendidikan Dari Paham Radikal

Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:21 WIB

Tindak Tegas KST Pengganggu Kedamaian Papua

Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:21 WIB

RKUHP Menyelamatkan Moral Masyarakat

Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:21 WIB

Mengapresiasi Penanganan Covid-19

Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:21 WIB

Indonesia Sukses Tarik Investasi Ratusan Triliun

Selasa, 16 Agustus 2022 | 18:17 WIB

RKUHP Lindungi Masyarakat Adat

Selasa, 16 Agustus 2022 | 18:17 WIB

Waspada Keganasan Corona Subvarian Centaurus

Senin, 15 Agustus 2022 | 21:25 WIB
X