• Jumat, 19 Agustus 2022

Apresiasi Ketokohan Presiden Jokowi

- Senin, 1 Agustus 2022 | 19:45 WIB

Betawipos, Jakarta-- Presiden Jokowi masuk dalam urutan ke-13 dalam daftar tokoh Muslim paling berpengaruh se-dunia. Apresiasi terhadap ketokohan beliau diberikan oleh dunia internasional, dan menunjukkan bahwa Bapak Jokowi memiliki posisi penting di dunia. Masyarakat Indonesia sangat bangga karena memiliki presiden yang sangat cakap dan memiliki pengaruh besar.

Indonesia bersatus sebagai negara berkembang tetapi tidak membuat posisi  negeri ini jadi kecil, di mata dunia internasional. Buktinya Presiden Jokowi sangat dihormati di luar negeri. Bahkan beliau kembali masuk dalam daftar tokoh muslim paling berpengaruh se-dunia di urutan ke-13. Pihak yang memberikan apresasi ini adalah The Muslim 500.

The Muslim 500 adalah survey yang rutin merilis siapa tokoh Muslim berpengaruh di dunia setiap tahun. Survey ini dibentuk oleh The Royal Islamic Strategic Studies Center, yang berafiliasi dengan Royal Aal al-Bayt Institute for Islamic Thoughts yang berbasis di Amman, Yordania.

Dengan masuknya Presiden Jokowi ke daftar tokoh muslim berpengaruh sedunia, menunjukkan kapabilitas beliau sebagai seorang pemimpin. Penyebabnya karena beliau tahun lalu juga masuk dalam daftar ini, dan berarti beliau dipandang positif oleh dunia internasional.

Presiden Jokowi menunjukkan bahwa beliau memiliki kinerja yang baik, tak hanya di level nasional tetapi juga di level internasional. Bisa jadi The Muslim 500 memasukkan beliau ke daftar Muslim berpengaruh sedunia karena beliau menentang peristiwa berdarah yang ada di Jalur Gaza, Palestina. Selain itu, beliau berusaha mendamaikan konflik di Eropa Timur, dan menjadi juru damai.

Penghargaan dari The Muslim 500 sangat positif dan valid. Apalagi The Muslim 500 adalah award yang sudah ada sejak tahun 2009 lalu. Sudah jelas bahwa penghargaan ini bukan abal-abal.

Banyak tokoh dunia yang juga masuk dalam The Muslim 500, di antaranya Recep Tayyib Erdogan, pemimpin Turki. Juga ada Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud, pemimpin di Arab Saudi. Hal ini menunjukkan bahwa Presiden Jokowi dianggap setara dengan pemimpin-pemimpin sedunia.

Rumadi Ahmad, Tenaga Ahli Utama dari Kantor Staf Presiden (KSP) menyatakan bahwa masuknya Presiden Jokowi dalam daftar The Muslim 500 menjadi bukti bahwa kiprah dan kepeloporan muslim Indonesia diakui dunia. Presiden Jokowi dipandang sebagai pemimpin Islam yang perannya cukup mempengaruhi citra muslim Indonesia. Beliau berhasil membawa Indonesia sebagai negara mayoritas muslim yang moderat.

Presiden Jokowi diberi apresiasi yang sangat baik dan mencitrakan positif Indonesia sebagai negara yang moderat dan pluralis. Hal ini patut dipuji karena memang beliau mengajarkan moderasi beragama dan tidak ekstrim (kanan maupun kiri). Dengan menggunakan sistem yang moderat maka umat dilindungi untuk beribadah dan tidak dipaksa untuk melakukannya secara berlebihan.

Halaman:

Editor: Pandu Wibowo

Sumber: Reportase

Tags

Artikel Terkait

Terkini

RKUHP Sejalan dengan UU ITE

Kamis, 18 Agustus 2022 | 18:15 WIB

Sosialisasi Mutlak Diperlukan Sebelum RKUHP Disahkan

Kamis, 18 Agustus 2022 | 10:00 WIB

Melindungi Dunia Pendidikan Dari Paham Radikal

Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:21 WIB

Tindak Tegas KST Pengganggu Kedamaian Papua

Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:21 WIB

RKUHP Menyelamatkan Moral Masyarakat

Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:21 WIB

Mengapresiasi Penanganan Covid-19

Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:21 WIB

Indonesia Sukses Tarik Investasi Ratusan Triliun

Selasa, 16 Agustus 2022 | 18:17 WIB

RKUHP Lindungi Masyarakat Adat

Selasa, 16 Agustus 2022 | 18:17 WIB

Waspada Keganasan Corona Subvarian Centaurus

Senin, 15 Agustus 2022 | 21:25 WIB
X