• Kamis, 29 September 2022

Kepemimpinan Jokowi Perkuat Peran Indonesia di Level Dunia

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 18:17 WIB

Betawipos, Jakarta-- Saat ini Presiden Jokowi telah selesai dari kunjungan kerja ke Asia Timur dan bertemu dengan para pemimpin dunia. Kepemimpinan Presiden Jokowi yang mendapat sambutan hangat tokoh internasional ini telah memperkuat peran Indonesia di level dunia.

Sekretaris Jenderal (Sekjend) PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menyatakan bahwa kepemimpinan Presiden Jokowi telah berhasil menguatkan peran bangsa. Bahkan Jokowi dianggap mampu menjadikan Indonesia kian diakui oleh negara-negara maju di dunia. Hal tersebut disampaikannya pada Seminar Kebangsaan yang bertajuk ‘Strategi Pemerintahan Jokowi Menjaga Keamanan Nasional’ yang diselenggarakan di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga.

Menurutnya, kepemimpinan Jokowi yang telah memasuki periode kedua ini dapat menjadi cerminan baik. Terutama dalam menumbuhkan semangat persatuan di masyarakat. Kondisi ini sebagaimana yang terlihat saat Jokowi menerima kunjungan kenegaraan oleh para perdana mengeri hingga presiden dari negara-negara sahabat.

Begitu juga sambutan hangat ketika Jokowi melawat ke negara-negara sahabat. Hal ini terkandung suatu tekad untuk membangun kepemimpinan Indonesia di antara bangsa-bangsa lain di dunia. Dengan begitu, akan terbangun sebuah pemerintahan yang dapat menciptakan beragam kebermanfaatan. Khususnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hasto juga menyatakan, kepentingan nasional menjadi satu tujuan strategis pemerintahan Jokowi. Apalagi yang berkaitan dengan skala prioritas untuk merealisasikan setiap target pencapaian dalam menjalankan roda pemerintahan. Selain itu, Presiden Jokowi juga dinilai berhasil untuk meningkatkan daya tawar Indonesia terhadap perdagangan dunia. Presidensi G20 Indonesia menimbulkan dampak positif bagi perekonomian nasional.

Akademisi Hubungan International Universitas Udayana, Sukma Sushanti menyebut, status  Indonesia sebagai Presidensi G20 harus dimanfaatkan dengan cermat. Sebab dimanfaatkan dengan cermat. Sebab dengan itu dapat berdampak positif terhadap sektor perdagangan Tanah Air.

Menurut Sukma, label Indonesia sebagai negara berkembang, kehadiran G20 menjadi satu potensi yang dapat menguntungkan. Khususnya dalam hubungan perdagangan antar negara.Dirinya menilai posisi Indonesia saat ini menjadi sangat strategis. Ditambah lagi dengan karakter kepemimpinan Jokowi menjadi Presidensi G20 begitu disenangai para pemimpin negara di dunia. Artinya Indonesia lebih punya posisi yang dapat mengcounter berbagai kebijakan perdagangan dunia. Sukma percaya dengan segala potensi sumber daya manusia (SDM) maupun kekayaan alamnya, Jokowi dapat memaksimalkan Presidensi G20. Karena dengan demikian akan menciptakan kemajuan.

Indonesia merupakan negara berkembang pertama yang menjadi presidensi pertemuan G20 yang merupakan negara-negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia. Oleh karena itu, Indonesia akan tetap berfokus untuk mengangkat isu-isu yang merepresentasikan kebutuhan nasional, negara berkembang dan maju serta negara miskin.

G20 memiliki peranan yang sangat strategis di dalam memformulasikan berbagai isu global terkait pertumbuhan dan perekonomian serta stabilitas ekonomi dan keuangan. Karena keanggotaannya yang terdiri dari kombinasi negara maju dan berkembang yang merupakan 66 persen populasi dunia.           

Halaman:

Editor: Pandu Wibowo

Sumber: Reportase

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Warganet Perlu Aktif Tangkal Radikalisme di Medsos

Rabu, 28 September 2022 | 13:19 WIB

Bersinergi Mengawal Distribusi BLT BBM

Rabu, 28 September 2022 | 13:19 WIB

Lukas Enembe Harus Bertanggung Jawab di Muka Hukum

Rabu, 28 September 2022 | 13:19 WIB

Pengesahan RKUHP Hapus Aturan Warisan Kolonial

Rabu, 28 September 2022 | 13:19 WIB

Masyarakat Dukung KPK Periksa Lukas Enembe

Selasa, 27 September 2022 | 16:41 WIB

Tokoh Agama Tolak Radikalisme

Selasa, 27 September 2022 | 16:41 WIB

Event B20 Tingkatkan Investasi Berkesinambungan

Selasa, 27 September 2022 | 16:41 WIB

Tetap Taat Prokes Percepat Transisi ke Endemi Covid-19

Selasa, 27 September 2022 | 16:41 WIB

Pemerintah Pastikan Serap Aspirasi RKUHP

Selasa, 27 September 2022 | 16:41 WIB

Masyarakat Mengapresiasi BLT BBM

Selasa, 27 September 2022 | 16:41 WIB

Pandemi Belum Usai, Tetap Ketatkan Prokes dan Vaksinasi

Senin, 26 September 2022 | 20:07 WIB
X