• Selasa, 29 November 2022

Event B20 Tingkatkan Investasi Berkesinambungan

- Selasa, 27 September 2022 | 16:41 WIB

Betawipos, Jakarta-- Keberadaan Investasi di Indonesia harus bisa dimanfaatkan dengan baik, terlebih lagi kemudahan bagi investor untuk menanamkan modal di Indonesia akan menjadi daya tarik untuk menjadikan Indonesia sebagai destinasi investasi yang berkesinambungan.

Ketua Bidang UMKM di Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Ronald Walla memberikan apresiasi atas terselenggaranya B20 Indonesia, acara tersebut bertujuan agar para pengusaha UMKM mampu mengelola bisnis yang berkesinambungan.

Pembahasan terkait rantai pasok dan bisnis berkesinambungan ini mengemuka dalam The Business 20 atau B20 yang merupakan forum Bisnis dalam Presidensi G20 di Indonesia yang diselenggarakan di Jawa Timur pada 16 September 2022dan diikuti oleh para pegiat usaha. Diskusi secara spesifik menyoroti perihal proses rantai pasok yang efisien sehingga dapat berdampak positif terhadap bisnisnya.

baca juga:

Ronald berujar, salah satu strategi bisnis yang ditekankan B20 adalah pengusaha UMKM harus memahami rantai pasok secara lebih baik terhadap keunggulan produk yang dimiliki sehingga memiliki daya kompetitif yang baik bagi perusahaan sehingga dapat memenuhi ekspektasi pelanggan.

Penyelenggaraan G20 di Bali pada November mendatang akan membahas secara khusus hal yang berkaitan dengan perdagangan dapat membuka peluang besar dari pelaku UMKM untuk masuk ke dalam sistem rantai pasok global. Para pemangku kepentingan dari seluruh dunia diyakini bisa memberikan akses pelaku UMKM dari Indonesia untuk masuk ke dalam sistem tersebut.

Dengan pendekatan yang dilakukan selama gelaran G20 itu diharapkan pelaku UMKM dalam negeri dapat secara inklusif masuk ke sistem rantai pasok global. Ronald menyampaikan para pegiat UMKM dan pelaku usaha di seluruh sektor industri untuk mempraktikkan model bisnis dan investasi yang berkesinambungan berbasis prinsip environment, social, governance (ESG).

ESG ini ternyata telah populer di lima pasar utama Eropa, Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Australia dan Selandia Baru. Investasi berkelanjutan ini tentunya sangat mempertimbangkan lingkungan, sosial dan tata kelola perusahaan.

Perusahaan yang menjalankan konsep ESG akan lebih mudah mendapatkan investasi dan menjadi pertimbangan dasar bagi para investor dalam melakukan pengambilan keputusan untuk berinvestai atau tidaknya dalam suatu perusahaan.

Halaman:

Editor: Pandu Wibowo

Sumber: Reportase

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peresmian AMN Menjadi Era Baru Kebhinekaan

Selasa, 29 November 2022 | 19:36 WIB

AMN Potensial Mencetak Kader Pemimpin Bangsa

Selasa, 29 November 2022 | 19:20 WIB

Kepala BIN : Pembangunan AMN “Proyek” Bersama Bangsa

Selasa, 29 November 2022 | 17:20 WIB

BIN Bagikan Kasur untuk Penyintas Gempa Cianjur

Selasa, 29 November 2022 | 16:47 WIB

Sejumlah Pengamat dan Akademisi Dukung Pengesahan RKUHP

Selasa, 29 November 2022 | 12:45 WIB

Pembangunan IKN Berdampak Positif Pada Lingkungan

Selasa, 29 November 2022 | 12:19 WIB

BIN Bantu Penyintas Gempa Cianjur Lewati Masa Sulit

Selasa, 29 November 2022 | 11:36 WIB

AMN Wadah Pembentukan Karakter dan Kepemimpinan

Minggu, 27 November 2022 | 21:19 WIB
X