• Selasa, 29 November 2022

Masyarakat Mengapresiasi BLT BBM

- Selasa, 27 September 2022 | 16:41 WIB

Betawipos, Jakarta-- Masyarakat mengapresiasi Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) dan bersyukur karena mendapatkan uang sebesar Rp. 600.000 dari pemerintah. Pengalihan subsidi ke bantuan langsung tunai dinilai sangat efektif, karena langsung dinikmati oleh rakyat kecil.

Penyesuaian harga BBM jenis Pertamax dan Solar, terjadi sejak awal bulan September tahun 2022. Subsidi BBM terpaksa dikurangi karena harga minyak mentah dunia yang naik drastis menjadi 100 dollar Amerika per barrel. Namun untuk mengurangi gejolak ekonomi, pemerintah mengalihkan subsidi dengan cara pemberian BLT ke lebih dari 20 juta rakyat yang membutuhkan.

Masyarakat di Kabupaten Tangerang, Provonsi Banten menikmati BLT BBM. Sebanyak lebih dari 26.000 warga berhak untuk menerimanya. Anggaran yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam penyaluran BLT BBM adalah sebesar 15,8 miliar rupiah.

baca juga:

Seorang pengemudi ojek, Muhammad Saiful, mengaku senang dan bersyukur karena mendapatkan BLT BBM dari pemerintah di masa pandemi, dan bisa berbelanja meskipun harga-harga barang mengalami perubahan. Uang BLT tersebut akan dipergunakan untuk membeli sembako, dan ia berharap BLT ini akan terus ada karena sangat berguna bagi rakyat kecil.

Pengakuan dari Saiful membuktikan bahwa langkah pemerintah sangat tepat dalam mengalihkan subsidi. Sudah seharusnya subsidi diterima oleh rakyat kecil, bukan oleh orang kaya/mampu. Subsidi harus disalurkan kepada pihak yang tepat, yaitu ke masyarakat yang membutuhkan.

Lain halnya jika subsidi terus diberikan untuk memangkas harga Pertalite, maka BBM tersebut bisa saja dibeli oleh pengendara mobil yang jelas mampu untuk membeli Pertamax. Jika demikian maka pemberian subsidi akan lebih efektif, dan sebelum harga BBM mengalami perubahan terbukti 70% orang kaya mengantri Pertalite. Jika harga Pertalite disesuaikan maka orang kaya tidak akan membelinya lagi.

Masyarakat yang menikmati BLT BBM juga diberi pesan untuk dibelanjakan sembako, jangan dimasukkan dalam celengan. BLT wajib digunakan untuk belanja, untuk menjaga daya beli masyarakat. Jika daya beli naik maka roda perekonomian juga naik, dan perekonomian Indonesia akan lebih baik lagi.

Sementara itu, warga Tangerang yang lain, Meri, bersyukur setelah menerima BLT BBM. Ia akan menggunakan uang tersebut untuk belanja beras dan berbagai kebutuhan dapur lain.

Halaman:

Editor: Pandu Wibowo

Sumber: Reportase

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peresmian AMN Menjadi Era Baru Kebhinekaan

Selasa, 29 November 2022 | 19:36 WIB

AMN Potensial Mencetak Kader Pemimpin Bangsa

Selasa, 29 November 2022 | 19:20 WIB

Kepala BIN : Pembangunan AMN “Proyek” Bersama Bangsa

Selasa, 29 November 2022 | 17:20 WIB

BIN Bagikan Kasur untuk Penyintas Gempa Cianjur

Selasa, 29 November 2022 | 16:47 WIB

Sejumlah Pengamat dan Akademisi Dukung Pengesahan RKUHP

Selasa, 29 November 2022 | 12:45 WIB

Pembangunan IKN Berdampak Positif Pada Lingkungan

Selasa, 29 November 2022 | 12:19 WIB

BIN Bantu Penyintas Gempa Cianjur Lewati Masa Sulit

Selasa, 29 November 2022 | 11:36 WIB

AMN Wadah Pembentukan Karakter dan Kepemimpinan

Minggu, 27 November 2022 | 21:19 WIB
X