• Selasa, 29 November 2022

Bersinergi Mengawal Distribusi BLT BBM

- Rabu, 28 September 2022 | 13:19 WIB

Betawipos, Jakarta-- Pemerintah memiliki program Bantuan Langsung Tunai (BLT), Bantuan Subsidi Upah (BSU), dan Bantuan Transportasi umum. Program tersebut merupakan upaya pengganti subsidi BBM untuk masyarakat yang dinilai layak mendapatkan bantuan. Tentu saja hal perlu adanya pengawalan agar bantuan yang diberikan dapat tepat sasaran.

Sekretaris Pusat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara Reja Anggara dalam keterangan tertulisnya mengatakan, BEM Nusantara akan tetap mengawal bagaimana pengalihan subsidi BBM tepat sasaran dan tepat waktu.

Hal itu dikatakan reja usai BEM Nusantara Daerah Riau mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema ‘Membongkar di Balik Kenaikan Harga BBM’ di Aula STIE Riau, Jl. HR. Soebrantas, Tuah Karya, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

baca juga:

Reja berharap, adanya bansos tersebut dapat meringankan beban masyarakat. Khususnya bansos kepada para pelaku transportasi umum yang terimbas oleh penyesuaian harga BBM.

Dirinya menuturkan, pihaknya mengapresiasi langkah pemerintah. Namun kemudian pihaknya akan tetap mengawal program tersebut untuk mengetahui apakah penyaluran BLT BBM tepat sasaran atau tidak.

Terkait dengan adanya potensi meningkatkan inflasi akibat kebijakan ini, Reja berharap agar pemerintah mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat termasuk upaya-upaya mitigasi yang telah disiapkan. Ia juga mendorong pemerintah agar mengantisipasi dampak buruk dari ekonomi global yang tidak menentu dan situasi internasional yang memanas akibat perang di Eropa terhadap inflasi di Indonesia.

Pemblokiran terhadap celah untuk pengemplangan Bansos BBM haruslah dilakukan demi memberantas praktek KKN di Indonesia. Mahasiswa mengawal dengan memantau apakah pemberian Bansos BBM pada rakyat di Kantor Pos sesuai dengan yang dijanjikan nominalnya yakni Rp 600.000. Bansos tersebut tentu akan sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan, jangan sampai ada oknum yang tega memotong besaran bansos untuk keuntungan pribadinya.

Bagaimanapun juga praktik korupsi tidak akan pernah dibenarkan, apalagi proyek ini menyangkut hajat banyak orang. Oleh sebab itu, dengan adanya pengawalan dari BEM Nusantara menunjukkan bahwa BEM merupakan organisasi yang peduli terhadap nasib rakyat di tengah penyesuaian harga BBM.

Halaman:

Editor: Pandu Wibowo

Sumber: Reportase

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peresmian AMN Menjadi Era Baru Kebhinekaan

Selasa, 29 November 2022 | 19:36 WIB

AMN Potensial Mencetak Kader Pemimpin Bangsa

Selasa, 29 November 2022 | 19:20 WIB

Kepala BIN : Pembangunan AMN “Proyek” Bersama Bangsa

Selasa, 29 November 2022 | 17:20 WIB

BIN Bagikan Kasur untuk Penyintas Gempa Cianjur

Selasa, 29 November 2022 | 16:47 WIB

Sejumlah Pengamat dan Akademisi Dukung Pengesahan RKUHP

Selasa, 29 November 2022 | 12:45 WIB

Pembangunan IKN Berdampak Positif Pada Lingkungan

Selasa, 29 November 2022 | 12:19 WIB

BIN Bantu Penyintas Gempa Cianjur Lewati Masa Sulit

Selasa, 29 November 2022 | 11:36 WIB

AMN Wadah Pembentukan Karakter dan Kepemimpinan

Minggu, 27 November 2022 | 21:19 WIB
X