DPR RI Apresiasi Kinerja BIN Sukseskan Presidensi G20 Indonesia

- Kamis, 10 November 2022 | 17:30 WIB

Betawipos, Jakarta-- Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) memberikan apresiasi sangat tinggi terhadap kinerja yang telah dilakukan oleh Badan Intelijen Negara (BIN) dalam menjaga keamanan hingga kondusivitas wilayah Bali, seluruhnya memang demi mensukseskan agenda besar penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia.

Sudah banyak rangkaian kegiatan mengenai KTT G20 yang dilakukan di Indonesia selaku tuan rumah sekaligus pemimpinnya. Bahkan sejak bulan Maret hingga September, gelaran side event G20 telah dilakukan di beberapa lokasi di Tanah Air, termasuk juga di Yogyakarta dengan banyak sekali pembahasan yang diangkat seperti topik mengenai kesehatan, pendidikan, energi terbarukan, ekonomi digital hingga perubahan iklim.

Setelah rangkaian side event yang terjadi di banyak wilayah di Indonesia tersebut, gelaran puncak forum G20 di Tanah Air akan diberlangsungkan pada pertengahan November, yakni tanggal 15 hingga 16 mendatang di Bali. Hal tersebut juga membutuhkan banyak sekali persiapan untuk bisa menjamin kesuksesan berjalannya acara.

baca juga:

Termasuk salah satu aspek yang paling penting untuk terus dijaga dan diperhatikan adalah mengenai aspek keamanan selama G20 dilakukan, sebelum hingga sesudahnya. Banyak sekali pihak terus berupaya untuk menjaga keamanan serta kondusivitas di wilayah-wilayah Bali, utamanya yang memang menjadi venue persidangan nanti.

Terkait hal tersebut, Komisi I DPR RI memberikan apresiasi sangat besar mengenai bagaimana kesiapan yang telah dihimpun oleh Badan Intelijen Negara (BIN) karena mampu melaksanakan fungsi dan juga peran mereka dalam hal intelijen untuk bisa terus mengawal keberlangsungan agenda dunia tersebut.

Terdapat beberapa indikator yang dilihat oleh DPR RI untuk akhirnya memutuskan memberikan apresiasi tinggi mengenai kinerja BIN dalam rangka mendukung penuh suksesi Presidensi G20 Indonesia. Salah satunya adalah mengenai penjagaan dan optimalisasi secara konsisten terkait kondusivitas keamanan termasuk juga kesehatan yang sangat diperhatikan di setiap berlangsungnya event G20 di Indonesia. Bukan hanya itu, keramahtamahan dari seluruh panitia juga menjadi hal positif yang berpengaruh pada penilaian sehingga para delegasi dari negara-negara G20 pun memandang jika Indonesia adalah negara yang sangat aman dan nyaman.

Ketika penilaian tersebut sudah diutarakan oleh para pimpinan dunia, maka posisi Indonesia akan semakin diperhatikan oleh seluruh dunia, termasuk sama sekali tidak akan dianggap sebagai negara yang miskin. Bahkan mampu menjamin kepercayaan para investor pula untuk terus melakukan penanaman modalnya di Tanah Air.

Tidak mengherankan jika ini menjadi sebuah hal yang teramat penting untuk dilakukan dan terus dikembangkan. Bahkan untuk bisa mencapai percepatan pemulihan perekonomian nasional, dibutuhkan kolaborasi yang bagus dari seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali.

Halaman:

Editor: Pandu Wibowo

Sumber: Reportase

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kerukunan Umat Beragama Mampu Halau Politik Identitas

Kamis, 26 Januari 2023 | 15:53 WIB

KUHP Nasional Kuatkan Eksistensi Hukum Indonesia

Kamis, 26 Januari 2023 | 15:16 WIB

KUHP Nasional Dirumuskan Melalui Proses Panjang

Rabu, 25 Januari 2023 | 14:30 WIB

KST Merusak Kedamaian Papua

Rabu, 25 Januari 2023 | 14:26 WIB

Pemilu Damai Cegah Perpecahan

Rabu, 25 Januari 2023 | 14:17 WIB

KST Menghambat Generasi Muda Papua untuk Maju

Selasa, 24 Januari 2023 | 15:59 WIB

KUHP Nasional Sajikan Pembaruan Hukum Progresif

Selasa, 24 Januari 2023 | 15:54 WIB

Wujudkan Pemilu Damai Bebas Hoaks

Senin, 23 Januari 2023 | 15:43 WIB
X