Pembangunan IKN Wujudkan Perubahan Peradaban

- Jumat, 11 November 2022 | 18:49 WIB

Betawipos, Jakarta-- Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) bukanlah ide kemaren sore, mimpi tersebut sudah pernah ada sejak zaman Soekarno. Kini Pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo memiliki hajat besar yakni membangun IKN di Kalimantan.

IKN merupakan wujud perubahan peradaban Indonesia dengan menghadirkan konsep pembangunan Indonesiasentris. Melalui pembangunan IKN, Presiden Jokowi mengatakan, pembangunan dan angka perekonomian daerah yang tinggi nantinya tidak hanya terpusat di Pulau Jawa.

Dalam sambutan, Jokowi mengatakan bahwa Indonesia memerlukan keadilan ekonomi, Indonesia adalah negara yang terdiri dari 17 ribu pulau, bukan hanya satu pulau. Perlu kesetaraan pembangunan, perlu pemerataan pembangunan. Ini yang ingin dihadirkan yaitu dengan membangun IKN.

baca juga:

Selain itu, Presiden juga menegaskan bahwa pemindahan IKN ke Kalimantan merupakan langkah Indonesia untuk membangun budaya kerja, pemikiran dan basis ekonomi baru. Menurut Presiden, sebagai negara besar Indonesia harus berani memmiliki agenda besar untuk melangkah demi kemajuan bangsa.

Jokowi menambahkan, jika kita tidak berani transformasi dari sekarang, sampai kapanpun kita akan sulit untuk menjadi negara maju.

Mantan Walikota Surakarta tersebut menjelaskan, Nusantara merupakan masa depan Indonesia yang mampu terwujud dengan pihak, termasuk para investor. Untuk itu, pemerintah Indonesia membuka peluang bagi para investor untuk turut serta mewujudkan transformasi peradaban Indonesia.    

Nusantara bisa terwujud dengan upaya bersama, tidak hanya pemerintah yang bergerak karena memang pemerintah hanya kurang lebih menyiapkan 20% dari anggaran yang ada. 80%  akan pemerntah berikan kesempatan kepada para investor.

Jokowi juga menuturkan bahwa pemindahan Ibu kota dari Jakarta ke Nusantara telah tertuang ke dalam UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara. Untuk itu, Presiden juga meminta kepada para investor untuk tidak ragu dalam menanamkan modalnya di IKN.

Halaman:

Editor: Pandu Wibowo

Sumber: Reportase

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kerukunan Umat Beragama Mampu Halau Politik Identitas

Kamis, 26 Januari 2023 | 15:53 WIB

KUHP Nasional Kuatkan Eksistensi Hukum Indonesia

Kamis, 26 Januari 2023 | 15:16 WIB

KUHP Nasional Dirumuskan Melalui Proses Panjang

Rabu, 25 Januari 2023 | 14:30 WIB

KST Merusak Kedamaian Papua

Rabu, 25 Januari 2023 | 14:26 WIB

Pemilu Damai Cegah Perpecahan

Rabu, 25 Januari 2023 | 14:17 WIB

KST Menghambat Generasi Muda Papua untuk Maju

Selasa, 24 Januari 2023 | 15:59 WIB

KUHP Nasional Sajikan Pembaruan Hukum Progresif

Selasa, 24 Januari 2023 | 15:54 WIB

Wujudkan Pemilu Damai Bebas Hoaks

Senin, 23 Januari 2023 | 15:43 WIB
X