• Selasa, 29 November 2022

IKN Nusantara Majukan UMKM

- Selasa, 22 November 2022 | 13:43 WIB

Betawipos, Jakarta-- Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara diyakini akan memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat di Kalimantan, khususnya bagi sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kuncoro mengatakan bahwa sektor UMKM mengalami pertumbuhan pesat sejak pemerintah memulai pembangunan infrastruktur IKN. Menurutnya, perkembangan UMKM di wilayah Penajam Paser Utara cukup luar biasa terutama di Kecamatan Sepaku seperti di Desa Bukit Raya, Sukaraja dan Desa Bumi Harapan.

baca juga:

Kuncoro mengatakan, sebelumnya tidak banyak gerai (konter) telpon selular dan warung makan, tetapi saat ini konter telpon seluler serta warung makan sudah mulai banyak di sepanjang Jalan Poros Sepaku.

Ia juga mengatakan bahwa saat ini sudah bermunculan toko pakaian dan penginapan juga sudah tumbuh di wilayah Kecamatan Sepaku yang ditetapkan sebagai kawasan inti IKN Indonesia baru. Menurutnya, Peningkatan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal sangat penting, agar nantinya pengusaha UMKM lokal tidak tersingkirkan dari persaingan di IKN Nusantara.

Tenaga kerja pembangunan juga sudah banyak di kawasan IKN, hal tersebut tentu saja dapat meningkatkan pendapatan, seperti warung makan yang sudah bisa mendapatkan penghasilan sampai sekitar Rp 5 juta per bulan. Pemerintah pusat, provinsi dan pemerintah kabupaten terus berupaya menignkatkan SDM pelaku UMKM agar dapat bersaing secara kualitas produk maupun layanan.

Kementerian Koperasi dan UKM juga sudah memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM di Kalimantan Timur, khususnya di Kabupaten Penajam Paser Utara. Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Penajam Paser Utara menjalin kerja sama dengan Pegadaian dan Bank Indonesia (BI) dalam membantu pengusaha UMKM di daerah tersebut.

Pimpinan UMKM Kota Balikpapan, Fitriani Fatimah menyambut baik kehadiran proyek IKN. Pasalnya proyek tersebtu bisa menghadirkan kesempatan baru untuk pengembangan SDM, lapangan pekerjaan dan peluang usaha baru. Dalam keterangan tertulisnya, Fitriani berujar, karena adanya dampak perpindahan penduduk yang semakin besar, sehingga kebutuhan dari sandang, pangan dan papan juga semakin besar. Maka demikian, jumlah UMKM juga akan semakin meningkat, begitu pun peluang usaha untuk memenuhi kebutuhan penduduk.

Fitriani juga berharap Pemerintah Pusat maupun Daerah sudah membuat skema dukungan yang jelas kepada pelaku UMKM di Kaltim mulai saat ini. Terutama dalam hal pengembangan SDM, permodalan hingga peralatan, sehingga produk yang dihasilkan mempunyai kualitas yang tinggi dan mampu bersaing dengan produk lainnya. Langkah yang harus disiapkan yaitu melalui penambahan modal, skill dan peralatan, kemudian informasi dan publikasi baik secara virtual maupun digital tentang produk usaha.

Halaman:

Editor: Pandu Wibowo

Sumber: Reportase

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peresmian AMN Menjadi Era Baru Kebhinekaan

Selasa, 29 November 2022 | 19:36 WIB

AMN Potensial Mencetak Kader Pemimpin Bangsa

Selasa, 29 November 2022 | 19:20 WIB

Kepala BIN : Pembangunan AMN “Proyek” Bersama Bangsa

Selasa, 29 November 2022 | 17:20 WIB

BIN Bagikan Kasur untuk Penyintas Gempa Cianjur

Selasa, 29 November 2022 | 16:47 WIB

Sejumlah Pengamat dan Akademisi Dukung Pengesahan RKUHP

Selasa, 29 November 2022 | 12:45 WIB

Pembangunan IKN Berdampak Positif Pada Lingkungan

Selasa, 29 November 2022 | 12:19 WIB

BIN Bantu Penyintas Gempa Cianjur Lewati Masa Sulit

Selasa, 29 November 2022 | 11:36 WIB

AMN Wadah Pembentukan Karakter dan Kepemimpinan

Minggu, 27 November 2022 | 21:19 WIB
X