• Selasa, 29 November 2022

Representasikan Hadirnya Negara, BIN Sigap Bantu Korban Gempa Cianjur

- Rabu, 23 November 2022 | 14:02 WIB

Betawipos, Jakarta-- Untuk merepresentasikan bagaimana hadirnya negara secara langsung di tengah-tengah masyarakat, Badan Intelijen Negara (BIN) dengan sigap membantu para korban gempa di Cianjur dengan mendirikan posko, menyalurkan bantuan kemanusiaan hingga menyediakan layanan kesehatan.

Pada hari Senin (21/11), telah terjadi gempa bumi bermagnitudo 5,6 SR di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Pusat terjadinya gempa adalah di sekitar 10 kilometer Barat Daya Cianjur atau 15 kilometer dari Sukabumi dengan kedalaman gempa berada di 10 kilometer di bawah permukaan bumi.

baca juga:

Akibat bencana tersebut, hingga Selasa (22/11) korban meninggal berjumlah sebanyak 268 orang. Sontak, menanggapi gempa bumi tersebut, pihak Badan Intelijen Negara (BIN) langsung bertindak dengan sigap.

BIN langsung mendirikan posko yang ditujukan untuk membantu para korban terdampak gempa bumi itu. Mengenai hal tersebut, Deputi VII BIN, Prabawa Ajie menjelaskan bahwa memang sesaat setelah terjadinya gempa bumi di Cianjur, pihaknya langsung turun ke lapangan dengan cepat dan mendirikan posko bantuan.

Pendirian posko sendiri dilakukan langsung di Jalan Labuan Cianjur, Desa Cijedil, Kecamayan Cugenang, Kabupaten Cianjur, yang memang menjadi salah satu wilayah terdampak.

Adaya posko bantuan yang didirikan oleh BIN tersebut merupakan bentuk konkret dari bagaimana komitmen pihak BIN untuk selalu hadir bersama masyarakat dan meringankan beban masyarakat, utamanya tatkala sedang terjadi bencana seperti sekarang ini. Lebih lanjut, Prabawa berharap supaya seluruh bantuan mampu mengurangi kesulitan masyarakat.

Bukan hanya itu, namun dengan didirikanya posko bantuan dengan sangat sigap oleh pihak BIN, sama saja menurutnya menunjukkan bagaimana representasi hadirnya negara di tengah masyarakat dan lokasi bencana untuk bisa meringankan beban para korban. Mengenai pendirian posko yang langsung diperintahkan oleh Kepala BIN Jend Pol (Purn) Budi Gunawan dan dipimpin langsung oleh Kabinda Jabar Brigjen TNI Ruddy Pasemilsa Mahks terdapat beberapa posko sekaligus.

Setidaknya ada tiga posko yang didirikan, yakni posko pertama memiliki kapasitas untuk 60 orang dan saat ini sudah terisi hingga sebanyak 57 orang, yang terdiri dari 20 orang laki-laki, 24 perempuan dan 13 bayi. Kemudian untuk tenda pengungsi kedua memiliki kapasitas sebanyak 25 orang, dan tenda ketiga dikhususkan untuk para tenaga kesehatan yang akan memberikan bantuan layanan kesehatan kepada masyarakat.

Halaman:

Editor: Pandu Wibowo

Sumber: Reportase

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peresmian AMN Menjadi Era Baru Kebhinekaan

Selasa, 29 November 2022 | 19:36 WIB

AMN Potensial Mencetak Kader Pemimpin Bangsa

Selasa, 29 November 2022 | 19:20 WIB

Kepala BIN : Pembangunan AMN “Proyek” Bersama Bangsa

Selasa, 29 November 2022 | 17:20 WIB

BIN Bagikan Kasur untuk Penyintas Gempa Cianjur

Selasa, 29 November 2022 | 16:47 WIB

Sejumlah Pengamat dan Akademisi Dukung Pengesahan RKUHP

Selasa, 29 November 2022 | 12:45 WIB

Pembangunan IKN Berdampak Positif Pada Lingkungan

Selasa, 29 November 2022 | 12:19 WIB

BIN Bantu Penyintas Gempa Cianjur Lewati Masa Sulit

Selasa, 29 November 2022 | 11:36 WIB

AMN Wadah Pembentukan Karakter dan Kepemimpinan

Minggu, 27 November 2022 | 21:19 WIB
X