• Selasa, 29 November 2022

Pemerintah Wadahi Penyerapan Tenaga Kerja Lokal Guna Pembangunan IKN

- Kamis, 24 November 2022 | 05:36 WIB

Betawipos, Jakarta-- Pemerintah terus mewadahi penyerapan tenaga kerja lokal masyarakat Penajam Paser Utara untuk bisa mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Hal tersebut supaya mereka bisa mengembangkan kualitas SDM dan memiliki daya saing tinggi jika dibandingkan dengan tenaga kerja yang berasal dari wilayah lain.

Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia Baru yang diberi nama Nusantara, yang letaknya di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian lagi di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur memang membutuhkan banyak sekali tenaga kerja untuk bisa terus mendukung pembangunannya.

baca juga:

Maka dari itu, pihak Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah menyediakan Anjungan Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan (SIAPKerja) yang mampu untuk menyerap tenaga kerja lokal untuk pembangunan IKN tersebut. Mengenai hal itu, Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan, Caswiyono Rusydie Cakrawangsa menjelaskan bahwa Anjungan SIAPkerja tersebut adalah sebuah bentuk dukungan dari Kemnaker pada Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara yang menjadi titik pembangunan IKN.

Anjungan SIAPKerja yang digagas oleh Kemnaker sendiri akan mampu memberikan pelayanan di bidang ketenagakerjaan bagi masyarakat. Di dalamnya banyak pengintegrasian seluruh layanan bahkan dikemas menjadi hanya dalam satu ekosistem ketenagakerjaan saja, seperti mulai dari pelatihan, sertifikasi hingga penempatan.

Berbicara mengenai pelatihan, pihak Kemnaker memberikan program pelatihan berbasis kompetensi kepada ratusan masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara, yang mana akan bisa menjadi bekal bagian dalam persaingan mereka terkait adanya pembangunan IKN Indonesia Baru karena memang membutuhkan sangat banyak tenaga kerja sehingga persaingannya pun menjadi ketat.

Caswiyono menambahkan bahwa berbagai macam pelatihan yang disediakan oleh Kemnaker bagi masyarakat di Kabupaten Penajam Paser Utara dilengkapi pula dengan fasilitas yang lebibatkan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Samarinda, Kalimantan Timur.

Masih mengenai fasilitas, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara sendiri mencoba melakukan integrasi dengan baik kepada pihak Kemnaker, dengan mempersiapkan lahan dengan luas sekitar 10 hektare di Kecamatan Babulu. Lahan tersebut dihibahkan kepada Kemnaker sebagai lokasi pembangunan Balai Pelatihan Vokasi untuk program pengembangan pangan.

Sebagai informasi, Anjungan SIAPKerja ini khususnya telah disediakan oleh Kemnaker bertepat di Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, yang mana ditetapkan sebagai kawasan inti dari IKN Nusantara. Tentunya dengan penyediaan layanan ketenagakerjaan itu, diharapkan akan bisa menjadi sebuah solusi bagi permasalahan ketenagakerjaan di Kalimantan Timur, utamanya pada daerak sentra emangunan IKN Indonesia Baru.

Halaman:

Editor: Pandu Wibowo

Sumber: Reportase

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peresmian AMN Menjadi Era Baru Kebhinekaan

Selasa, 29 November 2022 | 19:36 WIB

AMN Potensial Mencetak Kader Pemimpin Bangsa

Selasa, 29 November 2022 | 19:20 WIB

Kepala BIN : Pembangunan AMN “Proyek” Bersama Bangsa

Selasa, 29 November 2022 | 17:20 WIB

BIN Bagikan Kasur untuk Penyintas Gempa Cianjur

Selasa, 29 November 2022 | 16:47 WIB

Sejumlah Pengamat dan Akademisi Dukung Pengesahan RKUHP

Selasa, 29 November 2022 | 12:45 WIB

Pembangunan IKN Berdampak Positif Pada Lingkungan

Selasa, 29 November 2022 | 12:19 WIB

BIN Bantu Penyintas Gempa Cianjur Lewati Masa Sulit

Selasa, 29 November 2022 | 11:36 WIB

AMN Wadah Pembentukan Karakter dan Kepemimpinan

Minggu, 27 November 2022 | 21:19 WIB
X