• Selasa, 29 November 2022

IKN Tingkatkan Kualitas Investasi dan SDM

- Kamis, 24 November 2022 | 16:12 WIB

Betawipos, Jakarta-- Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur terbukti mampu untuk meningkatkan kualitas investasi dan juga kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) lokal setempat. Hal tersebut menandakan rangkaian dampak positif dari keberadaan IKN khususnya bagi masyarakat di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.

Terdapat serangkaian dampak positif yang menyertai keberadaan IKN Nusantara. Salah satunya adalah adanya peningkatan kualitas pelayanan publik. Hal tersebut dikarenakan pembangunan IKN yang memang saat ini tengah berlangsung diprediksi akan mampu meningkatkan angka migrasi penduduk yang besar menuju ke wilayah Kaltim.

baca juga:

Bagaimana tidak, pasalnya memang wilayah IKN tersebut akan sangat menjanjikan terkait upaya peningkatan ekonomi masyarakat, sehingga akan ada banyak masyarakat yang melakukan perantauan ke Kalimantan Timur, khususnya mendatangi wilayah IKN untuk mengadu nasib.

Sebenarnya hal tersebut bukanlah sebuah hal aneh, karena juga terjadi bahkan sampai sekarang di Ibu Kota DKI Jakarta. Akhirnya di Jakarta sendiri banyak sekali pendatang karena mereka ingin merantau dari tempat asalnya di berbagai pelosok daerah menuju ke kota besar untuk mencari penghidupan yang jauh lebih layak.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Kutai Kartanegara (LPPM Unikarta) yang juga dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unikarta, Suprapto menjelaskan bukan hanya terkait dengan adanya peningkatan pelayanan publik saja, namun akan ada dampak positif pada kelangsungan sektor ekonomi masyarakat.

Adanya pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kalimantan Timur tersebut menurutnya karena didorong oleh adanya peningkatan inevstasi di berbagai sektor, yakni sektor pendidikan, kesehatan hingga utamanya adalah pada sektor pangan pertanian, yang tentunya seluruhnya akan terus meningkat dengan baik.

Suprapto menambahkan dengan keberadaan IKN dan juga proses pembangunannya yang saat ini mash terus digarap tersebut, tentunya akan mendatangkan adanya pemerataan pembangunan infrastruktur. Sehingga paradigma pembangunan yang terjadi di Indonesia akan berubah meninggalkan Jawasentris karena pembangunan gencar tidak hanya dilakukan di Pulau Jawa saja.

Kesadaran bahwa negara Indonesia bukan hanya terdiri dari Pulau Jawa saja memang menjadi sebuah kesadaran yang sangat penting untuk bisa ditanamkan. Karena nantinya akan mampu menghilangkan segala bentuk diskriminasi dan juga termasuk adanya kesenjangan sosial diantara masyarakat Tanah Air.

Halaman:

Editor: Pandu Wibowo

Sumber: Reportase

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peresmian AMN Menjadi Era Baru Kebhinekaan

Selasa, 29 November 2022 | 19:36 WIB

AMN Potensial Mencetak Kader Pemimpin Bangsa

Selasa, 29 November 2022 | 19:20 WIB

Kepala BIN : Pembangunan AMN “Proyek” Bersama Bangsa

Selasa, 29 November 2022 | 17:20 WIB

BIN Bagikan Kasur untuk Penyintas Gempa Cianjur

Selasa, 29 November 2022 | 16:47 WIB

Sejumlah Pengamat dan Akademisi Dukung Pengesahan RKUHP

Selasa, 29 November 2022 | 12:45 WIB

Pembangunan IKN Berdampak Positif Pada Lingkungan

Selasa, 29 November 2022 | 12:19 WIB

BIN Bantu Penyintas Gempa Cianjur Lewati Masa Sulit

Selasa, 29 November 2022 | 11:36 WIB

AMN Wadah Pembentukan Karakter dan Kepemimpinan

Minggu, 27 November 2022 | 21:19 WIB
X