Vaksinasi Efektif Tangkal Penularan Covid-19

- Sabtu, 26 November 2022 | 21:19 WIB

Betawipos, Jakarta-- Vaksinasi sangat efektif untuk menangkal penularan Covid-19 agar tidak terus menyebar dan segera terbentuk herd immunity di Indonesia.

Belakangan ini kasus Covid-19 kembali merangkak naik setelah ditemukannya varian terbaru dari Omicron, yakni subvarian Omicron XBB. Hal tersebut lantas memperkuat pernyataan bahwa memang pandemi sejatinya masih belum benar-benar berakhir, sehingga semua pihak harus mampu untuk terus menjaga kewaspadaan diri mereka masing-masing.

baca juga:

Beberapa langkah yang harus dilakukan oleh masyarakat dalam rangka menjaga kewaspadaan diri melawan pandemi Covid-19 tersebut diantaranya adalah melakukan vaksin hingga dosis lengkap disertai dengan vaksin booster, kemudian tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, khususnya jika bepergian ke luar ruangan dan ke tempat publik hingga mencuci tangan setiap selesai melakukan aktivitas.

Terkait dengan vaksin, Ketua Umum Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia, Iris Rengganis, mengatakan vaksinasi memenuhi kekebalan, terutama dalam menghadapi varian baru Covid-19. Dirinya mengatakan vaksinasi tetap harus dijalankan sampai tahap booster meski adanya mutasi virus tentu saja mengurangi efektivitas vaksin. Tetapi, ia menegaskan vaksin tetap dapat mengurangi angka kesakitan, perawatan di rumah sakit, juga menurunkan angka kematian.

Pasalnya, semisal seseorang tetap terpapar oleh Covid-19, namun jika kondisi dirinya sudah melakukan vaksinasi hingga dosis lengkap atau bahkan melakukan vaksin booster, maka gejala yang orang tersebut alami tidak akan menjadi parah atau bahkan sampai kritis dan harus dilarikan ke Rumah Sakit.

Risiko-risiko terkait Covid-19 dengan gejala yang parah tentunya bisa diminimalisasi dengan melakukan perlindungan diri dari dalam, yakni vaksinasi. Hal tersebut tentunya akan sangat berbeda dengan orang yang sama sekali belum melakukan vaksinasi, tentunya mereka berpotensi mengalami gejala yang jauh lebih parah bahkan sampai membahayakan nyawa.

Senada, Pakar dari Departemen Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof Dr Amin Soebandrio menegaskan bahwa memang vaksinasi Covid-19 masih sangat efektif untuk mencegah infeksi paparan virus tersebut. Menurutnya hal itu terkait dengan pembentukan antibodi dalam tubuh manusia.

Prof Amin menambahkan bahwa antibodi dalam tubuh manusia tentu akan sangat berbeda jika dibandingkan diantara mereka yang melakukan vaksin dengan yang tidak vaksin. Pembentukan antibodi untuk bisa menangkal dan melawan Covid-19 akan sangat baik bagi mereka yang melakukan vaksinasi.

Halaman:

Editor: Pandu Wibowo

Sumber: Reportase

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kerukunan Umat Beragama Mampu Halau Politik Identitas

Kamis, 26 Januari 2023 | 15:53 WIB

KUHP Nasional Kuatkan Eksistensi Hukum Indonesia

Kamis, 26 Januari 2023 | 15:16 WIB

KUHP Nasional Dirumuskan Melalui Proses Panjang

Rabu, 25 Januari 2023 | 14:30 WIB

KST Merusak Kedamaian Papua

Rabu, 25 Januari 2023 | 14:26 WIB

Pemilu Damai Cegah Perpecahan

Rabu, 25 Januari 2023 | 14:17 WIB

KST Menghambat Generasi Muda Papua untuk Maju

Selasa, 24 Januari 2023 | 15:59 WIB

KUHP Nasional Sajikan Pembaruan Hukum Progresif

Selasa, 24 Januari 2023 | 15:54 WIB

Wujudkan Pemilu Damai Bebas Hoaks

Senin, 23 Januari 2023 | 15:43 WIB
X