Mengapresiasi Gerak Cepat BIN di Lokasi Gempa Cianjur

- Minggu, 27 November 2022 | 20:55 WIB

Betawipos, Cianjur-- Cianjur dilanda gempa 5,6 skala Richter. Badan Intelijen Negara (BIN) bergerak cepat dalam evakuasi warga dan menyalurkan bantuan. Masyarakat Cianjur mengapresiasi BIN yang langsung datang ke lokasi dan menolong mereka dari kesusahan.

Gempa yang melanda Cianjur memporak-porandakan kabupaten tersebut. Tercatat ada 310 korban jiwa dan 24 orang yang menghilang, dalam bencana alam tersebut. Sementara perkiraan resiko kerugian akibat gempa adalah Rp.1.601 Triliun. Masyarakat Cianjur menderita karena mereka terpaksa mengungsi, dan rumahnya rusak parah akibat kerasnya gempa.

baca juga:

Bantuan berdatangan ke Cianjur dan BIN menjadi pihak yang tercepat dalam menyalurkannya. BIN datang ke Desa Mangunkerta untuk memberikan bantuan dan mendirikan posko yang aman kepada pengungsi. Mengingat banyak di antara mereka yang masih membutuhkan tenda, maka BIN dengan cepat mendirikannya.

Deputi VII BIN Prabawa Ajie menyatakan bahwa pihaknya menyalurkan bantuan berupa paket makanan siap saji, peralatan anak-anak dan orang dewasa, serta bantuan keuangan kepada 300 pengungsi gempa Cianjur. Desa Mangunkerta dipilih karena bantuan belum ada yang masuk. Para penduduk menetap sementara di tenda yang didirikan di dekat area persawahan.

Prabawa Ajie menambahkan, BIN bergerak cepat dalam menyalurkan bantuan atas instruksi dari Kepala BIN, Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan. BIN mendirikan 6 tenda tambahan untuk menampung masyarakat Cianjur di pengungsian. Tak hanya logistik, BIN juga memberikan bantuan berupa pelayanan kesehatan dan trauma healing.

Di Jalan Lintas  Labuan-Cianjur, tepatnya Desa Cijedil, Cugenang, BIN mendirikan Posko bantuan yang akan menyalurkannya ke desa-desa lain. Dengan berdirinya pusat Posko Bantuan maka akan mudah memberikan sumbangan berupa makanan dan kebutuhan lain kepada para pengungsi gempa Cianjur.

Masyarakat Cianjur sangat mengapresiasi langkah cepat BIN dalam menyalurkan bantuan. Mereka berterima kasih karena BIN memberikan paket makanan siap saji, sehingga tinggal dikonsumsi tanpa harus dimasak terlebih dahulu. Di tenda sudah penuh sesak dengan pengungsi sehingga minim tempat untuk didirikan dapur sementara, dan jika ada maka kompor serta peralatannya sangat terbatas.

Selain itu, BIN juga memberikan bantuan ke desa-desa yang masih terisolir dan sangat memerlukan bantuan. Masyarakat di daerah tersebut mengapresiasinya karena sebelumnya mereka belum tersentuh bantuan sama sekali. Ketika ada tim dari BIN maka disambut dengan hangat, dan mereka senang karena akhirnya ditolong.

Halaman:

Editor: Pandu Wibowo

Sumber: Reportase

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kerukunan Umat Beragama Mampu Halau Politik Identitas

Kamis, 26 Januari 2023 | 15:53 WIB

KUHP Nasional Kuatkan Eksistensi Hukum Indonesia

Kamis, 26 Januari 2023 | 15:16 WIB

KUHP Nasional Dirumuskan Melalui Proses Panjang

Rabu, 25 Januari 2023 | 14:30 WIB

KST Merusak Kedamaian Papua

Rabu, 25 Januari 2023 | 14:26 WIB

Pemilu Damai Cegah Perpecahan

Rabu, 25 Januari 2023 | 14:17 WIB

KST Menghambat Generasi Muda Papua untuk Maju

Selasa, 24 Januari 2023 | 15:59 WIB

KUHP Nasional Sajikan Pembaruan Hukum Progresif

Selasa, 24 Januari 2023 | 15:54 WIB

Wujudkan Pemilu Damai Bebas Hoaks

Senin, 23 Januari 2023 | 15:43 WIB
X