AMN Surabaya Diresmikan, Kepala BIN: Mahasiswa Akan Dibina Dengan Nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika

- Selasa, 29 November 2022 | 19:00 WIB

Surabaya – Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Surabaya telah diresmikan hari ini. Kepala BIN, Budi Gunawan mengungkapkan bahwa nantinya para mahasiswa yang menjadi penghuni gedung tersebut akan banyak dibina dengan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jend Pol (Purn) Prof. Dr Budi Gunawan dalam acara peresmian AMN Surabaya pada Selasa (29/11) menyatakan bahwa pembangunan AMN tersebut memang menjadi tindak lanjut atas arahan langsung Presiden Jokowi.


Menurutnya, pembangunan AMN Surabaya mampu menjadi model rumah kebhinnekaan, khususnya bagi para mahasiswa dengan mengusung nilai-nilai Pancasila.

“Kami laporkan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) adalah merupakan tindak lanjut arahan dari Bapak Presiden di Istana Negara pada tanggal 10 September 2019. Tujuan dari pembangunan AMN adalah untuk menjadi model rumah kebhinnekaan, rumah bersama nusantara bagi anak-anak mahasiswa generasi muda bangsa dengan mengusung nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika,” ucap Budi Gunawan.

Lebih lanjut, Kepala BIN tersebut menambahkan bahwa ke depan, Asrama Mahasiswa Nusantara juga akan dibangun di kota-kota lainnya di Indonesia.

“AMN akan dibangun di 6 lokasi, yang terdiri dari lokasi di Kota Surabaya, Makassar, Manado, Malang, Bantul dan DKI Jakarta,” ungkapnya.

Pembangunan AMN sendiri, dikatakan oleh Budi Gunawan bahwa ternyata menjadi upaya kolaboratif dari banyak pihak dan kementerian secara langsung termasuk Badan Intelijen Negara (BIN).

“AMN merupakan upaya kolaboratif dan tanggung jawab dari beberapa kementerian lembaga, mulai dari BIN, Kementerian Pertahanan, Kementerian PUPR, Kementerian Pendidikan dan Ristek, Kementerian Agama dan Kementerian KKP, Pemerintah Daerah serta Universitas-universitas,” katanya.

Tidak hanya sekedar menjadi hunian asrama semata, namun AMN memiliki banyak sekali fasilitas pendukung lainnya bagi seluruh mahasiswa.

Halaman:

Editor: Pandu Wibowo

Tags

Terkini

Jaga Kerukunan Jelang Pemilu 2024

Jumat, 27 Januari 2023 | 15:34 WIB

Kerukunan Umat Beragama Mampu Halau Politik Identitas

Kamis, 26 Januari 2023 | 15:53 WIB

KUHP Nasional Kuatkan Eksistensi Hukum Indonesia

Kamis, 26 Januari 2023 | 15:16 WIB

KUHP Nasional Dirumuskan Melalui Proses Panjang

Rabu, 25 Januari 2023 | 14:30 WIB

KST Merusak Kedamaian Papua

Rabu, 25 Januari 2023 | 14:26 WIB

Pemilu Damai Cegah Perpecahan

Rabu, 25 Januari 2023 | 14:17 WIB

KST Menghambat Generasi Muda Papua untuk Maju

Selasa, 24 Januari 2023 | 15:59 WIB

KUHP Nasional Sajikan Pembaruan Hukum Progresif

Selasa, 24 Januari 2023 | 15:54 WIB
X