• Jumat, 27 Mei 2022

Generasi Muda Papua Mengapresiasi Pendekatan Kesejahteraan Pemerintah

- Minggu, 23 Januari 2022 | 22:19 WIB

Foto: Mahasiswa Papua Apresiasi Pendekatan Kesejahteraan Pemerintah

 

Pemerintah berupaya menggunakan pendekatan kesejahteraan dalam rangka mengatasi konflik yang masih terus terjadi di Papua. Perubahan paradigma ini mendapat apresiasi dari banyak pihak tidak terkecuali generasi muda Papua.

Kabar baik untuk Orang Asli Papua (OAP), di mana perubahan perspektif atau pola pendekatan terhadap situasi keamanan di wilayah Papua oleh Polri dinilai akan membawa kabar baik bagi Indonesia.

Perlu diketahui Polri akan akan menjadikan (OAP) sebagai target utama pembinaan yang akan dilakukan dalam operasi damai Cartenz 2022. Nama operasi Damai Cartenz sendiri merupakan pengubahan dari satuan tugas (satgas) Nemangkawi yang diisi oleh tim gabungan TNI-Polri.

Pengubahan pendekatan yang diinisiasi oleh Polri tersebut mendapatkan sambutan baik oleh Sekjen Milenial Mitra Polisi (MMP), Doni. Menurut Doni, pendekatan yang diinisiasi oleh Polri khususnya dalam menangani situasi keamanan di Papua amatlah humanis.

Doni menandaskan, pengubahan pendekatan yang cenderung humanis seperti ini yang dinanti-nanti oleh masyarakat. Kita cukup letih melihat, mendengar dan membaca kabar yang tidak baik terkait dengan isu keamanan di Papua. Melalui pengubahan pendekatan ini, kita patut optimis bahwa ketegangan yang seringkali memakan korban dapat segera teratasi di Papua.

Dirinya juga menilai bahwa keputusan mengganti pola pendakatan di tanah Papua tidak bisa dilepaskan dari pengaruh baik yang dibawa oleh Jenderal Listyo Sigit selaku Kapolri. Doni menilai bahwa saat ini Polri telah bertransformasi menjadi institusi yang sangat humanis. Ia berharap semangat persuasif serta preemtif yang tertanam dalam operasi Damai Cartenz tersebut mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat Papua.

Operasi Damai Cartenz diketahui akan diberlakukan Polri pada tanggal 25 Januari tahun 2022. Operasi tersebut difokuskan untuk memperkuat sinergi antara Polri dan masyarakat guna melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat mensejahterakan masyarakat. Adapun kegiatan positif tersebut dinamai dengan ‘Binmas Noken’ atau pendekatan terhadap masyarakat.

Halaman:

Editor: Pandu Wibowo

Tags

Terkini

Pemerintah Jamin Investasi Asing di Indonesia

Selasa, 24 Mei 2022 | 07:34 WIB

G20 Momentum Wujudkan Transisi Energi Nasional

Selasa, 24 Mei 2022 | 07:21 WIB

Pancasila Vaksin Efektif Mencegah Radikalisme

Senin, 23 Mei 2022 | 07:22 WIB

Pembukaan Ekspor CPO Sudah Tepat

Senin, 23 Mei 2022 | 07:17 WIB

Hentikan Demo, DOB Percepat Pembangunan Papua

Senin, 23 Mei 2022 | 07:14 WIB
X