• Jumat, 19 Agustus 2022

Sinergitas Antar Lembaga Dukung Penguatan Pemulihan Ekonomi

- Kamis, 27 Januari 2022 | 07:09 WIB

Ilustrasi: Pemulihan Ekonomi Nasional

 

Pemerintah terus berupaya untuk memulihkan perekonomian nasional tanpa sedikitpun mengesampingkan penanganan pandemi Covid-19. Oleh sebab itu, Pemerintah mendorong penguatan sinergitas antar lembaga negara agar dapat optimal mewujudkan perbaikan perekonomian sesuai target yang ditentukan.

Tahun 2022 sepertinya menjadi momentum pemulihan ekonomi nasional. Presiden RI Joko Widodo mendorong otoritas jasa keuangan (OJK) untuk terus memperkuat sinergitas antar lembaga. Jokowi sendiri mengapresiasi kinerja OJK selama 2021 yang telah melakukan koordinasi secara baik dengan berbagai stakeholder terkait.

Dalam kesempatan sambutan virtual pada Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK) 2022 yang digelar secara hybrid di Jakarta, Jokowi mengatakan antara sektor jasa keuangan dan sektor riil harus saling mendukung dan menguatkan, karena tanpa sektor jasa keuangan yang baik, perekonomian nasional tidak akan baik dan berkelanjutan.

Jokowi menjelaskan, momentum pemulihan ekonomi ini juga harus diperkuat dengan terus mendorong pembiayaan di sektor UMKM. Mengingat sektor UMKM punya kontribusi yang sangat besar dalam menjaga stabilitas perekonomian di masyarakat.

Di tahun 2024, Jokowi menargetkan porsi kredit UMKM bisa mencapai 30 persen dan untuk mencapai di situ tentu saja diperlukan strategi terobosan dan aksi-aksi serius, konsisten dan berkelanjutan. Presiden Jokowi berharap, dengan dukungan sektor jasa keuangan pada pembiayaan, maka tidak akan ada lagi keluhan soal akses kredit ke UMKM atau sektor ke informal.

Mantan Walikota Surakarta tersebut menuturkan bahwa hal ini harus dipermudah dan dipercepat sehingga dapat memberikan peluang yang besar bagi generasi muda untuk memulai usaha dan UMKM untuk berkembang. UMKM bisa jadi komponen penting untuk memulihkan perekonomian.

Jokowi juga menekankan pentingnya kebijakan untuk mengembangkan sumber ekonomi baru untuk menciptakan nilai tambah bagi perekonomian nasional antara lain yang dikaitkan dengan lingkungan hidup.

Halaman:

Editor: Pandu Wibowo

Tags

Terkini

Pemerintah Jamin Investasi Asing di Indonesia

Selasa, 24 Mei 2022 | 07:34 WIB

G20 Momentum Wujudkan Transisi Energi Nasional

Selasa, 24 Mei 2022 | 07:21 WIB

Pancasila Vaksin Efektif Mencegah Radikalisme

Senin, 23 Mei 2022 | 07:22 WIB

Pembukaan Ekspor CPO Sudah Tepat

Senin, 23 Mei 2022 | 07:17 WIB

Hentikan Demo, DOB Percepat Pembangunan Papua

Senin, 23 Mei 2022 | 07:14 WIB
X