• Kamis, 7 Juli 2022

Dosen dan Mahasiswa Univeristas Ma Chung belum mengerti program MBKM

- Senin, 27 Desember 2021 | 16:38 WIB
Stefanus Yusra , ketua tim penelitian kebijakan MBKM dan Wakil Rektor Univ.Ma Chung (Aris malang raya)
Stefanus Yusra , ketua tim penelitian kebijakan MBKM dan Wakil Rektor Univ.Ma Chung (Aris malang raya)

 

Betawipos, Malang-Meski program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) telah 1 tahun di gulirkan Kementrian Pendidikan Tinggi,Riset dan Tehnologi sejak tahun 2021 namun penerapannya belum bisa maksimal .

“ Seperti di Universitas Ma Chung yang ternyata tidak sedikit mahasiswa dan tenaga pendidik yang tidak mengetahui 9 program dalam MBKM “ Ungkap Stefanus Yusra ,ketua penelitian MBKM yang juga Wakil Rektor III Universitas Ma Chung Malang .

Stefanus menambahkan , dari hasil evaluasi penerapan MBKM ini, maka universitas Ma Chung melakukan berbagai upaya guna memberikan pengertian terkait MBKM.

Baca Juga: Serunya Pelatihan dari Universitas Ma Chung Pada Guru-Guru Bahasa Mandarin

“ Ini menjadi tantangan dari penelitian dari MBKM , padahal ada 9 kegiatan besar didalamnya dimana sembilan kegiatan tersebut yang terakhir bela negara , namun dari hasil evaluasi yang hanya diketahui mahasiswa dan tenaga pendidikan hanya Magang dan Pertukaran mahasiswa/ tenaga pendidik , padahal masih ada 7 dari sembilan kegiatan besar dalam MBKM,” ujarnya.

Karena itulah pihaknya perlu mensosialisasikan lagi 9 kegiatan dari MBKM .

“ Upaya dari Universitas adalah dengan melakukan sosialiasi dari berbagai jalur baik itu misalnya melalui Berbinar , luring dengan mahasiswa termasuk membuat website khusus mengenai MBKM temasuk membuat video ,namun sebelum menjalankan itu maka dosennya harus di siapkan serta dibekali secara khusus agar mengerti 9 kegiatan dalam MBKM ,” jelas Stefanus .

Selain itu diakhir tahun 2021 , Universitas Ma Chung menggelar tiga kegiatan yang Pertama meliputi Pertama monitoring atau evaluasi kegiatan penelitian dan kegiatan pengabdian masyarakat dari hasil pengabdian dan Kedua Disiminasi hasil penelitian KMMB yang diikuti para dekan ,ketua program.study dan semua unit yang terkait serta ketiga adalah Fokus Grup Discussion yang tujuannya memperoleh masukan dari mitra yang meliputi dunia usaha /dunia industri , UMKM dan desa Mitra .

Halaman:

Editor: Supri Opa

Sumber: Aris Malang Raya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bencana alam marak ,Alumni UB gelar seminar Hybrid

Selasa, 1 Maret 2022 | 15:34 WIB

UB Malang Kukuhkan 2 Profesor

Sabtu, 29 Januari 2022 | 08:21 WIB

Wapres beri apresiasi dalam dies natalis UB ke 59

Rabu, 5 Januari 2022 | 10:51 WIB
X