• Kamis, 7 Juli 2022

UB Malang Kukuhkan 2 Profesor

- Sabtu, 29 Januari 2022 | 08:21 WIB

Betawipos, Malang – Upaya Universitas Brawijaya ( UB) Malang untuk menambah jumlah Profesor terus dilakukan .

Bahkan di akhir Januari 2022 kembali kukuhkan 2 Profesor yakni masing-masing Profesor dari Fakultas Peternakan ( Fapet) dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK).

Kepala Bagian Humas dan Kearsipan UB,Kotok Guritno mengungkapkan keduanya dikukuhkan ,Sabtu (28/1) dalam sebuah rapat terbuka senat akademik universitas di Samantha Krida yang digelar secara Hybrid

Baca Juga: Akhir tahun walikota Malang sidak 2 proyek besar

 “Profesor pertama yang dikukuhkan adalah Dr. Ir. Sri Wahjuningsih, M.Si sebagai profesor aktif ke-19 dari Fakultas Peternakan (Fapet) dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) profesor aktif ke 159 di UB, serta menjadi profesor ke-285 dari seluruh profesor yang telah dihasilkan UB. Sementara Profesor kedua yang dikukuhkan adalah Dr. Ir. Muhammad Musa, M.S sebagai profesor aktif ke-13 dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) dan profesor aktif ke-160 di UB, serta menjadi profesor ke-286 dari seluruh profesor yang telah dihasilkan UB.”Ungkap Kotok Guritno .

Sementara itu Prof. Dr. Ir. Sri Wahjuningsih, M.Si pada pidato Ilmiahnya berjudul “Suplementasi ekstrak daun kelor ( Moringa Oleifera) dalam pengecer tris sebagai upaya peningkatan kualitas semen beku kambing untuk inseminiasi buatan “

Dalam pidatonya, Sri mengangkat pemanfaatan daun kelor untuk peningkatan kualitas semen beku pada kambing jantan. “Selain itu juga dapat meningkatkan mutu genetic ternak, produktivitas dan kinerja produksi”, jelasnya.

Baca Juga: Hujan Es Disertai Angin Kencang dan Petir Guyur Malang

Keberhasilan proses ini, menurut Sri, bergantung pada ketersediaan semen beku yang berkualitas baik. Namun pada praktiknya, permasalahan yang dihadapi adalah proses kriopreservasi dan thawing semen menyebabkan tingkat kerusakan yang signifikan pada spermatozoa. “Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan formula pengencer semen kambing yang mampu melindungi spermatozoa dari cold shock pada proses kriopreservasi, thawing, serta memiliki daya preservasi yang tinggi”, jelasnya.

Halaman:

Editor: Supri Opa

Sumber: Aris Malang Kota

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bencana alam marak ,Alumni UB gelar seminar Hybrid

Selasa, 1 Maret 2022 | 15:34 WIB

UB Malang Kukuhkan 2 Profesor

Sabtu, 29 Januari 2022 | 08:21 WIB

Wapres beri apresiasi dalam dies natalis UB ke 59

Rabu, 5 Januari 2022 | 10:51 WIB
X