• Kamis, 7 Juli 2022

Peringati Hari Angklung Sedunia, Indonesia Luncurkan Angklung Kayu Pertama di Dunia

- Rabu, 17 November 2021 | 00:01 WIB
Dubes RI untuk Jepang merangkap Negara Federasi Mikronesia Heri Akhmadi, meluncurkan Angklung Kayu karya anak bangsa, Dhany Irfansyah, di Wisma Duta Tokyo Selasa (16/11).  (Foto: KBRI Tokyo)
Dubes RI untuk Jepang merangkap Negara Federasi Mikronesia Heri Akhmadi, meluncurkan Angklung Kayu karya anak bangsa, Dhany Irfansyah, di Wisma Duta Tokyo Selasa (16/11). (Foto: KBRI Tokyo)

Betawipos, Tokyo - Kalau selama ini kita mengenal angklung adalah alat musik tradisional negeri kita dari bahan bambu, kini ada lagi Angklung Kayu. Ya, angklung inovasi baru anak bangsa yang  benar-benar berbahan dasar kayu.

Angklung Kayu ini hasil kreatifitas Dhany Irfansyah, yang membuat pemerintah dalam hal ini Kedutaan Besar RI untuk Jepang memberikan apresiasinya. Kedubes RI di Tokyo langsung melaunching inovasi baru tersebut di Wisma Duta Tokyo Selasa 16 November 2021.

Peluncuran Angklung Kayu itu sekaligus untuk memperingati Hari Angklung Sedunia 2021. Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang merangkap Negara Federasi Mikronesia Heri Akhmadi, meluncurkan Angklung kayu tersebut, dengan didampingi Koordinator Fungsi Penerangan Sosial Budaya (Pensosbud) Meinarti Fauzie.

Baca Juga: Acer Luncurkan Chromebook Perdana Dengan Platform Qualcomm Snapdragon 7c

Dubes Heri mengapresiasi kreatifitas Dhany Irfansyah yang menciptakan alat musik kebanggan bangsa dengan bahan baku alternatif dari kayu.

"Angklung kayu ini adalah inovasi terbaru dalam seni budaya angklung. Kang Dhany Irfan menciptakan angklung dengan memanfaatkan bahan kayu yang dapat dengan mudah ditemui di setiap negara. Ini tentunya menjadi pendorong penyebaran angklung di seluruh dunia,"ujar Dubes Heri seperti dikutip Betawipos dari rilis resmi KBRI Tokyo

Dhany Irfansyah mengaku gembira dengan dukungan penuh pemerintah dalam hal ini KBRI Tokyo atas karya seni ciptaannya. Dirinya mengaku sempat membuat angklung dari bahan bambu Jepang, sebelum memutuskan kayu sebagai bahan dasarnya.

Baca Juga: Kiat Bisnis Agar Tetap Survive Di Tengah Pandemi, Begini Kata Bussiness Coach

"Syukur Alhamdulillah atas dukungan Bapak Dubes. Sebelumnya saya mencoba untuk membuat dari bambu Jepang. Tapi ternyata bambu Jepang kurang cocok untuk bahan angklung," tutur Dhany.

Halaman:

Editor: Sidik Purwoko

Sumber: kemlu.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tradisi Dhidis atau Petan, Tradisi Bergosip Jaman Dulu

Senin, 13 Desember 2021 | 17:09 WIB

Kilas Balik Pekan Kebudayaan Nasional, Seperti Apa?

Kamis, 2 Desember 2021 | 10:43 WIB
X