• Kamis, 7 Juli 2022

Kesenian Indonesia di Waiwai World Fair Diminati Warga Shizuoka Jepang

- Selasa, 30 November 2021 | 06:10 WIB
Dubes Heri Akhmadi dalam Waiwai World Fair (WWF) yang digelar oleh Pemerintah Kota Shizuoka (Foto KBRI Tokyo)
Dubes Heri Akhmadi dalam Waiwai World Fair (WWF) yang digelar oleh Pemerintah Kota Shizuoka (Foto KBRI Tokyo)

Betawipos, Tokyo - Kesenian Indonesia di Waiwai World Fair (WWF) yang digelar di Kota Shizuoka pada Minggu 28 November 2021 rupanya banyak mendapat antusias warga setempat. Pemkot setempat secara khusus memang mengundang Indonesia untuk berpartisipasi dalam gelaran budaya nasional di sana.

Di Waiwai World FairKedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo bekerjasama dengan Perkumpulan Pelajar Indonesia di Shizuoka mendirikan booth untuk menampilkan beberapa seni budaya nasional. Nampaknya, warga cukup antusias menyaksikan penampilan seni dan budaya Indonesia yang ditampilkan di booth tersebut.

Duta Besar RI untuk Jepang dan Negara Federasi Mikronesia Heri Akhmadi yang hadir di Waiwai World Fair memastikan hubungan bilateral Indonesia – Jepang menjelang 65 tahun pada 2023 mendatang. Hubungan diplomasi seni dan budaya kedua negara diharapkan semakin menguat.

Baca Juga: Belasan Aktor Indonesia Dukung Pentas Drama Electra di Jepang

"Diplomasi budaya sangat penting dalam penguatan hubungan Indonesia-Jepang yang akan mencapai 65 tahun pada tahun 2023. Hubungan people-to-people menjadi prioritas awal dalam sebuah hubungan bilateral sebelum berkembang dalam sektor lain seperti politik atau ekonomi," terang Dubes yang hadir didampingi Nuning Akhmadi.

Dikutip Betawipos, Dubes Heri Akhmadi menjelaskan budaya Tana Toraja Sulawesi Selatan kepada Walikota Shizuoka Nabuhiro Tanabe yang terlihat antusias menyaksikan tarian Tana Toraja dan beragam barang-barang yang dipamerkan di booth Indonesia. Dubes Heri juga mengajak Walikota Nabuhiro Tanabe berkesempatan datang ke Toraja Sulawesi Selatan untuk menyaksikan keindahan alam serta keramahan penduduknya.

Pengunjung warga Jepang yang ramai menyambangi booth Indonesia selain menyaksikan juga nampak menikmati penampilan seni Hadrah, Tari Jaipong dan Pencak Silat. Para pengunjung yang datang ke booth Indonesia disuguhi minuman teh melati serta camilan khas Indonesia.

Baca Juga: Ketum HIPMI Apresiasi Dirut KRAS Atas Peluncuran Kras Mart Tingkatkan Pelayanan

Dalam kunjungan ini, Dubes Heri melakukan pembicaraan dengan Walikota Shizuoka Nabuhiro Tanabe. Kepada Walikota Shizuoka, Dubes Heri menyarankan agar Kota Shizuoka membangun kerja sama Sister City dengan sejumlah kota di Jawa Barat seperti Bandung atau Bogor di mana banyak terdapat investasi Jepang.

Halaman:

Editor: Sidik Purwoko

Sumber: kemlu.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tradisi Dhidis atau Petan, Tradisi Bergosip Jaman Dulu

Senin, 13 Desember 2021 | 17:09 WIB

Kilas Balik Pekan Kebudayaan Nasional, Seperti Apa?

Kamis, 2 Desember 2021 | 10:43 WIB
X