• Kamis, 7 Juli 2022

Lestarikan Olahraga dan Permainan Tradisional, KORMI Gelar Acara Seperti Ini

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 14:53 WIB
Serunya Lomba Olahraga dan Permainan Tradisional yang digelar KORMI Pasuruan (Mustaghfirin)
Serunya Lomba Olahraga dan Permainan Tradisional yang digelar KORMI Pasuruan (Mustaghfirin)

 

Betawipos, Pasuruan - Olahraga dan permainan tradisional akhir-akhir ini semakin jarang ditemui di masyarakat. Ia sudah tergusur oleh kemajuan teknologi. Perannya sudah diambil alih oleh teknologi bernama gadget.

Kalau dulu olahraga dan permainan tradisional masih sering dijumpai di kampung-kampung, kini anak-anak lebih suka bermain mobile legend. Jika dulu ana-anak suka berkumpul di lapangan bermain petak umpet, kini mereka lebih memilih ngumpet di kamar asyik ngobrol di whatsapp.

Keprihatinan akan punahnya olahraga dan permainan tradisional itulah yang mendorong Komite Olahraga Trasdisional Masyarakat Indonesia (KORMI) menggelar lomba olahraga dan permainan tradisional.

Baca Juga: Viral Video Amatir Truk Terguncang Keras di Kapal, Begini Tanggapan Pakar Maritim 

Seperti yang dilakukan KORMI Pasuruan, dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 Nopember 2021, mereka meramaikannya dengan beragam kegiatan yang pernah berjaya pada masanya dulu. Dan pesertanya sendiri, umumnya datang dari daerah setempat.

Nampak sekali dalam video amatir yang dikirim Mustaghfirin ke Betawipos, peserta begitu antusias mengikuti aneka perlombaan tersebut. Acara itu sendiri digelar di Pelataran kantor Unit Pelayanan Teknis (UPT) Kabupeten Pasuruan, Jawa Timur.

Menurutnya, di jaman serba digital sekarang ini, sangat disayangkan jika permainan tradisional nanti punah. Dengan adanya event seperti ini kepada masyarakat, diharapkan anak-anak bisa tertarik dan mencobanya daripada sibuk dengan ponselnya.

Baca Juga: Pandemi mereda investasi mulai naik, Presiden perintahkan Aparat TNI-Polri jaga daerahnya masing-masing.

"Alhamdulillah mas, peserta begitu antusias dalam melestarikan warisan tradisional seperti ini," katanya.

Halaman:

Editor: Sidik Purwoko

Sumber: Youtube, Reportase

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tradisi Dhidis atau Petan, Tradisi Bergosip Jaman Dulu

Senin, 13 Desember 2021 | 17:09 WIB

Kilas Balik Pekan Kebudayaan Nasional, Seperti Apa?

Kamis, 2 Desember 2021 | 10:43 WIB
X